Tempat Wisata Di Bali

tempat-wisata-di-bali
Bukit Campuhan - Pesona dan Keunikan Gianyar sebagai tempat wisata di Bali
Tempat Wisata Di Bali, Pesona dan Keunikan Gianyar

Mengapa? – Siapa yang tidak kenal dengan Bali? Bali memang menjadi salah satu tempat wisata favorit bagi turis dalam maupun luar negeri. Bahkan Bali termasuk ke dalam salah satu tempat wisata terbaik di Indonesia dan dunia. Tidak heran setiap tahunnya Bali selalu saja ramai oleh para wisatawan dari berbagai belahan dunia. Tempat yang biasa didatangi para turis adalah Denpasar yang memang merupakan ibu kota sekaligus pusat dari Pulau Bali. Padahal Bali memiliki banyak sekali tempat wisata yang menarik selain yang berada di sekitar Denpasar. Seperti di daerah Gianyar yang memiliki pesona dan keunikan sendiri. Maka berikut ini beberapa Tempat Wisata Di Bali yang berada di daerah Gianyar.

Museum Blanco Renaissance
Tempat wisata yang satu ini berada, Sayan, Ubud. Ubud sendiri mempunyai berbagai keunikan untuk para pencinta seni budaya. Ubud menjadi salah satu pilihan tepat sebab kental akan budaya Bali dan didukung masyarakatnya yang mengerti seni. Hal ini terbukti ketika kita menjumpai banyaknya sanggar seni, budaya serta museum terkenal. Salah satu museum yang di Ubud ini adalah Museum Blanco Renaissance. Tempat ini sangat terkenal sampai dibuatkan sejarahnya mengenai seorang seniman yang sangat mencintai seorang wanita Bali dan hidup saling menyayangi di waktu itu. Ada banyak sekali lukisan terkenal yang dibuat oleh seniman-seniman senior maupun seniman muda Bali bahkan seniman luar negeri ikut diabadikan didalamnya dan bisa kita menikmatinya secara langsung.

Candi Gunung Kawi
Ini adalah peninggalan prasejarah dan cagar alam Bali yang berdiri sejak abad ke 11 Masehi di waktu pemerintahan Raja Udayana sampai pemerintahan Anak Wungsu. Perlu kita ketahui, Raja Udayana adalah salah satu raja yang terkenal di Bali dari Dinasti Warmadewa. Pernikahannya dengan Gunapriya Dharma Patni yang merupakan puteri Jawa mempunyai anak Erlangga serta Anak Wungsu. Erlangga lalu menjadi raja di daerah Jawa Timur, sedangkan Anak Wungsu menjalankan pemerintahan di Bali. Di masa inilah Candi Gunung Kawi diperkirakan dibangun. 

Goa Gajah
Ini merupakan goa buatan yang berfungsi sebagai tempat beribadah umat Hindu. Didalam goa gajah dapat kita jumpai lingga yoni serta patung Ganesha, namun intinya yaitu sebuah kompleks pura serta candi yang dibangun di abad ke-11 Masehi dengan goa besar yang menjadi objek utamanya. Goa Gajah sering dipakai sebagai tempat spritual bagi para penduduk setempat jika dilihat dari segi kemagisannya.
Perlu kita ketahui, Goa Gajah ini berasal dari kosakata Lwa Gajah. Lwa memiliki arti sungai serta Gajah memiliki arti Wihara (tempat pemujaan biksu Budha). Hal ini tertulis di dalam Negarakertagama yang ditulis oleh Mpu Prapanca di tahun 1365 Masehi. Bila digabungkan,  arti Lwa Gajah yaitu tempat pertapaan bagi umat Budha berlokasi di tepi sungai.

Bukit Campuhan
Bukit Campuhan dapat dikatakan layaknya tembok China bila dilihat dengan sekilas. Bukit ini adalah sebuah tempat yang amat romantis serta indah yang berada di Gianyar.
Hal-hal yang dapat kita lewati saat menuju obyek wisata ini adalah kita bisa melewati gerbang masuk dari Ibah Villas and Suites, dan akan lewat Pura Gunung Lebah. Terdapat papan petunjuk serta diharuskan agar belok kanan. Di depan pura tersebutlah, jalan menuju Bukit Campuhan. Jalurnya tidaklah sulit karena  jalurnya jelas serta lebar dengan luas sekitar 1,5 meter. Sedangkan jarak menuju puncak sekitar 2 km dengan memakan waktu perjalanan sekitar 15 hingga 20 menit.
Saat terbaik untuk berkunjung yaitu ketika pagi hari. Suasana sejuk akan kita rasakan dengan jogging maupun bersepeda santai. Ada baiknya kita membawa minuman, sebab tak ada orang yang menjual makanan atau minuman. Tempat ini akan memberi kenangan yang tak terlupakan bila berfoto bersama orang yang kita sayangi.

Desa Tegalalang
Tegalalang merupakan salah satu Desa di Ubud yang mempunyai keindahan alam pedesaan dengan sistem persawahan terasering yang rapi dan indah. Tempat ini menjadi wisata andalan di Ubud. Karena bentuknya berupa terasering, maka keuntungannya adalah dalam pembagian air dapat merata serta adil. Selain itu tata letak persawahan yang ada di Ubud memang kebanyakan di perbukitan dengan suasana alam yang sejuk.
Tempat ini berada di sebelah utara Desa Ubud dengan memakan waktu perjalanan sekitar satu setengah jam dari kota Denpasar, sedangkan dari sentral ubud membutuhkan waktu sekitar 20 menit saja. Tegalalang sendiri memiliki luas kurang lebih 61,8 km².

Demikianlah ulasan tentang Tempat Wisata Di Bali, Pesona dan Keunikan Gianyar. Semoga bermanfaat bagi kalian yang ingin berlibur ke Bali tapi bosan dengan tempat wisata yang berada di daerah Denpasar.

0 comments