7 Fakta Unik Indonesia yang Mendunia

Indonesia merupakan negara yang kaya akan keragamannya, budaya dan juga tradisinya. Maka tidak heran jika Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki keunikan yang mendunia. Di Indonesia terdapat 7 fakta unik yang mendunia. Sobat mau tahu apa saja 7 fakta unik Indonesia yang mendunia tersebut? Oke mari kita bahas satu per-satu 7 fakta unik Indonesia yang Mendunia

Indonesia memiliki hutan terbesar
Unik - Hutan Indonesia sbg Paru-paru Dunia
Hutan adalah paru-paru dunia dan Indonesia merupakan salah satu 10 negara yang memiliki luasan hutan terbesar di dunia yaitu 133.300.543,98 ha. Hutan tersebut tersebar di pulau Kalimantan, Sumatera, Sulawesi dan Papua. Di pulau-pulau tersebut banyak sekali terdapat hutan, salah satu hutan terbesarnya adalah hutan hujan tropis. Meskipun banyak hutan di Indonesia, namun karena sikap warga Indonesianya yang tidak bijak dan terpuji maka sering terjadi yang namanya kebakaran hutan. Selain itu juga sering terjadinya ekploitasi hutan. Dengan hal  ini akan membuat hutan Indonesia menjadi rusak dan tidak lestari kembali. Untuk itu kita sebagainya warga negara Indonesia seharusnya mampu menjaga dan melindungi hutan kita dengan baik agar bisa terus lestari dan tetap bisa memberi sumbangan oksigen bagi dunia.
Unik - Penggundulan hutan yang tidak terkendali
Peranan semua pihak, menjaga agar hutan di sekitar kita tetap lestari sangatlah penting agar penggundulan hutan seperti disamping tidak sampai membuat hutan kita semakin habis.

Negara kepulauan terbesar

Seperti yang sudah kita ketahui bersama bahwa negara Indonesia merupakan negara kepulauan terbesar di dunia. Inilah fakta unik Indonesia yang mendunia lainnya. Karena Indonesia memiliki beribu-ribu pulau dari sabang sampai merauke. 
Unik - Indonesia negara kepulauan
Jika kita hitung maka kita akan menemukan 17.504 pulau, 9.634 pulau yang tidak bernama dan 6 ribu pulau yang tidak berpenghuni. Dari 6 ribu pulau tersebut, ada 3 yang merupakan pulau terbesar yaitu didaerah Kalimantan, Sumatera,  dan Papua. Bahkan karena terlalu banyak, sebagian pulau-pulau Indonesia, secara sepihak diakui sebagai milik negara lain atau menjadi sengketa sampai sekarang.


Kopi termahal

Keunikan Indonesia selanjutnya adalah dari hasil perkebunannya. Indonesia selain terkenal dengan sastra dan seni budayanya, ternyata dari hasil perkebunan Indonesia juga memiliki kelebihan. Indonesia memiliki hasil perkebunan termahal yaitu kopi. Mungkin kita sering membeli kopi dan meminumnya pada saat-saat tertentu. Namun sebenarnya apakah anda pernah membayangkan apa jenis kopi yang anda minum dan berapa harga kopi yang anda beli tersebut. Di Indonesia terdapat banyak jenis kopi yang diproduksi, namun dari beberapa jenis kopi tersebut ada salah satu kopi yang memiliki nilai termahal dari kopi jenis lainnya. Kopi termahal itu merupakan jenis kopi luwak

Kopi luwak ini memang sedikit berbeda dari yang lainnya, karena kopi ini memiliki nilai yang sangat tinggi.

Unik - Kopi Luwak yang hanya ada di Indonesia
Karena kopi luwak itu di produksi dengan cara yang rumit dan proses yang lebih lama dari kopi lainnya, sehingga kopi ini memiliki harga yang tinggi. Jenis kopi luwak ini lebih bagus dan baik untuk tubuh, selain itu juga aman di konsumsi setiap saat.

Komodo yang hanya ada di Indonesia
Unik - Komodo yang hanya ada di Indonesia


Komodo adalah spesies kadal terbesar di dunia yang hanya ada di Indonesia. Mereka hidup di pulau KomodoRincaFloresGili Motang, dan Gili Dasami di Nusa Tenggara. Habitat komodo di alam bebas banyak berkurang akibat aktivitas manusia dan karena itulah IUCN (The International Union for Conservation of Nature) memasukkan komodo sebagai spesies yang hampir punah. Komodo sekarang dilindungi di bawah peraturan pemerintah Indonesia dan sebuah taman nasional, yaitu Taman Nasional Komodo, didirikan untuk melindungi mereka. Semoga komodo ini tetap ada ya sobat, sehingga anak cucu kita nantinya masih bisa melihat salah satu keunikan dari 7 Fakta Unik Indonesia yang Mendunia. Aamin.

Kain tenun asli

Unik - Kain tenun asli Indonesia
Hasil budaya Indonesia selain batik yang terkenal, ada beberapa hasil budaya yang juga terkenal salah satunya adalah kain tenun. Kain tenun ini sekarang banyak dipamerkan di beberapa negara, terutama negara-negara Eropa dan Amerika. Salah satu negara yang menggunakan kain tenun tersebut adalah negara Rusia. Dalam sebuah acara besar di Rusia, pihak penyelengara acara meminta para tamu menggunakan kain tenun asli Indonesia. Hal ini berarti kain tenun Indonesia sudah mulai mendunia bahkan diminati oleh negara asing.


Negara muslim terbesar

Indonesia merupakan negara muslim terbesar di dunia, maka tidak heran jika mayoritas warga negara Indonesia beragama Islam. Indonesia memiliki banyak penduduk sekitar 262 juta jiwa, dan 88% beragama Islam, yang lainnya beragama Kristen, Hindu dan Budha serta Aliran Kepercayaan. Hal ini tentu menjadi sesuatu yang unik dan membuat Indonesia memiliki peranan penting di OKI (Organisasi Kerjasama Islam).
Unik - Negara dengan mayoritas muslim adalah Indonesia
Indonesia merupakan cincin api dunia
Unik - Semua wilayah Indonesia masuk ring of fire
Indonesia merupakan negara yang berada di antara dua benua, Asia dan Australia serta dua samudera yaitu samudera Hindia dan Pasifik. Oleh sebab itu banyak sekali gunung api yang ada di Indonesia. Berdasarkan hasil penelitian bahwa ada 400 gunung api dan dari jumlah tersebut ada beberapa gunung api yang masih aktif yaitu sekitar 130. Maka tidak heran jika Indonesia dijuluki sebagai cincin api dunia.
Selain unik, hal ini juga menyebabkan Indonesia rentan bencana.

Ok sobat, 7 Fakta Unik Indonesia yang Mendunia sudah saya jelaskan diatas. Apakah sobat ingin menambahkan? Tentu saja semakin banyak hal unik di negara kita, Indonesia, semakin kita bangga kan?



0 comments