Mengapa Kita Sebaiknya Mengonsumsi Beraneka Ragam Jenis Makanan?


makanan-sehat, aneka-ragam-makanan
Aneka ragam makanan sehat untuk kita

Pertanyaan yang sering kali ada dalam pikiran kita, mengapa kita sebaiknya mengonsumsi beraneka ragam jenis makanan? Karena sehat itu sangatlah penting, bahkan ada pepatah yang mengatakan bahwa sehat itu mahal harganya. Memang benar adanya dengan pepatah tersebut, karena jika kita lihat pada saat kita sakit dan akhirnya harus masuk rumah sakit maka jika kita hitung, kita harus membayar biaya rumah sakit, operasi, obat-obatan, makanannya serta biaya lainnya. Untuk itu kita harus pandai-pandai menjaga diri kita dari berbagai sakit yang mungkin bisa menimpa kita. Biasanya banyak cara yang kita lakukan untuk hidup sehat yaitu dengan cara berolahraga, minum vitamin, banyak makan sayuran dan buah. Cara tersebut sering kita lakukan untuk mendapatkan tubuh sehat dan terbebas dari sakit dan penyakit.

Namun untuk hidup sehat itu tidak semudah yang kita bayangkan karena banyak hal yang harus kita lakukan. Berolahraga dan mengonsumsi beraneka ragam jenis makanan sehat. Sebab jika hanya berolahraga maka tubuh tidak akan seimbang, sehingga tubuh akan mudah sakit. Itulah mengapa kita sebaiknya mengonsumsi beraneka ragam jenis makanan. Begitupun dengan kita yang hanya makan makanan sehat saja, jika tidak di imbangi dengan olahraga. Maka hasilnya akan tetap sama saja, tubuh tidak akan seimbang, sehingga mudah lemah dan akhirnya daya tubuh tidak terkendali dan menjadi sakit. Kedua hal tersebut harus saling melengkapi agar menjadi sempurna.

makanan-sehat, aneka-ragam-buah-segar-bervitamin
Aneka ragam buah segar yang bervitamin tinggi
Begitupun soal makanan. Untuk hidup sehat maka kita tidak hanya makan satu jenis makanan saja namun kita harus juga makan aneka ragam makanan. Karena setiap jenis makanan yang kita makan memiliki manfaat dan vitamin yang tentu berbeda-beda pula. Misalnya kita makan buah jeruk. Kita tahu bahwa  buah jeruk mengandung vitamin C yang baik untuk kesehatan tubuh kita khususnya bagian mulut. Orang yang kekurangan vitamin C maka akan mudah terkena sariawan. Jika jeruk memiliki vitamin C maka beda lagi dengan buah jambu. Buah jambu memiliki banyak vitamin salah satunya adalah vitamin B1, nah vitamin B1 berfungsi untuk mempertahankan fungsi otak dan juga sistem saraf. Kedua buah ini memiliki vitamin dan juga fungsi yang berbeda-beda. Namun meskipun memiliki fungsi  yang berbeda-beda, kita juga harus makan buah tersebut agar dalam diri kita mempunyai cukup vitamin dan energi.

Selain buah kita juga harus makan sayuran, setiap jenis sayuran juga memiliki kandungan vitamin yang berbeda-beda seperti misalnya sayur kacang. Kacang banyak mengandung kalsium, B1, B2, fosfor, zat besi, pektin dan serat. Kandungan yang terdapat pada sayur kacang tersebut sangat baik untuk tubuh. Manfaat kita makan sayur kacang adalah kita lebih mampu menjaga kesehatan tubuh sehingga tubuh tidak mudah sakit. Lain halnya dengan sayur bayam. Jika kacang memiliki banyak kandungan yang baik untuk tubuh kita maka begitupun dengan bayam, bayam juga memiliki kandungan yanng berbeda dengan kacang. Kandungan yang ada di sayur bayam adalah zat besi, vitamin K, vitamin C, kalium, tembaga, seng dan lain sebagainya. Bayam ini sangatlah baik untuk kesehatan, misalnya untuk kesehatan tulang, membantu dan menjaga tekanan darah normal bahkan bayam tersebut juga dapat melindungi terhadap resiko penyakit jantung.

Berdasarkan analisis diatas maka perlunya kita makan makanan yang beraneka ragam. Karena kita tidak hanya akan mendapatkan vitamin dan gizi dalam satu jenis makanan saja melainkan dengan banyak makanan. Dengan banyaknya vitamin dan gizi yang kita peroleh dari semua jenis makanan tersebut maka tubuh kita akan semkin sehat dan jarang terkena sakit.


0 comments