Cara Menghilangkan Ketombe Membandel


cara-menghilangkan-ketombe-membandel
Cara Menghilangkan Ketombe Membandel Dengan Bahan Alami

Mengapa? - Ketombe menjadi musuh bagi hampir setiap orang. Ini karena ketombe dapat membuat seseorang merasa tidak nyaman disebabkan rasa gatal di kulit kepala. Apalagi bila kita memakai jas hitam maupun baju berwarna gelap, ketombe yang bertebaran pun membuat penampilan kacau juga mengurangi kepercayaan diri. Ketombe bila tak diatasi semenjak awal, maka bisa makin membandel.
Lalu apa sebenarnya yang menyebabkan ketombe pada kulit kepala? Berikut beberapa penyebabnya:

Menyikat Rambut
Proses menyikat rambut berguna meluruhkan sel-sel kulit mati pada kepala serta membantu untuk melancarkan aliran darah dalam menyuplai oksigen untuk kulit kepala serta rambut. Ada baiknya untuk memilih sikat rambut yang kualitasnya baik maupun sisir bergigi lebar dan sisirlah rambut dua kali dalam sehari.

Keramas yang tidak teratur
Jarang keramas akan meninggalkan residu dari sisa kotoran sebelumnya di kulit kepala yaitu sel kulit mati serta minyak. Ini akan membuat ketombe serta kulit kepala menjadi gatal. Kita dapat memakai sampo herbal serta keramas tiap dua hari sekali, pakailah kondisioner dan pastikan membersihkan sisa sampo hingga tuntas.

Stress
Ternyata stress tak hanya mempengaruhi mental tapi juga mempengaruhi fisik, termasuk munculnya ketombe hingga menyebabkan rambut rontok. Kita dapat mengelola stress dengan menjaga pola makan, mempertahankan rutinitas harian, serta asupan makanan.

Produk perawatan rambut
Ada baiknya jangan terlalu memilih gaya rambut yang membuat kita banyak menggunakan bahan kimia serta panas agar mempertahankan bentuknya. Kita bisa tetap mendapatkan rambut trendi dengan melakukan berbagai perawatan secara alami.

Ketombe sebenarnya dapat dihilangkan dengan berbagai bahan alami. Cara Menghilangkan Ketombe Membandel dengan bahan-bahan alami adalah bahan yang aman untuk kulit kepala sebab tidak mengandung bahan-bahan kimia. Keberadaannya pun juga mudah untuk didapatkan sebab ada di sekitar kita seperti garam, lemon, jeruk nipis, cuka, lidah buaya, dan yang lainnya.

Untuk mengatasi ketombe yang membandel, bahan-bahan alami dapat kita pilih agar sesuai dengan kita. Kita juga harus teratur serta bersabar dalam mengatasinya, sebab membutuhkan proses dan tidak didapat dengan cara yang instan. Berikut beberapa Cara Menghilangkan Ketombe Membandel dengan bahan alami:

  1. Garam
Caranya adalah dengan menyiapkan garam secukupnya, kemudian gosok-gosokkan di permukaan kulit kepala secara perlahan. Setelah itu, bilaslah dengan air hingga bersih.

  1. Perasan jeruk nipis dan jus lemon
Caranya peraslah jeruk nipis kemudian gunakan airnya dan oleskan ke kulit kepala, pijit secara perlahan. Lalu siapkan gelas, isilah dengan air serta satu sendok makan jus lemon. Campurkanlah air dengan jus lemon, setelah itu siramkan pada permukaan kulit kepala. Bilaslah dengan air hingga bersih.

  1. Lidah buaya
Ambilah daging daun dari lidah buaya. Kemudian gosok-gosokkan di kulit kepala. Diamkanlah hingga 10 sampai 15 menist supaya meresap dan mengering. Kemudian bilaslah dengan air hingga bersih.

  1. Cuka
Caranya campurkan cuka dengan air bersih yang perbandingannya sama. Kemudian oleskan di kulit kepala setelah kita keramas. Biarkan hingga 5 sampai 10 menit. Bilaslah dengan air hingga bersih.

  1. Minyak kelapa
Oleskan minyak kepala secara merata di permukaan kulit kepala dan lakukan pijatan secara ringan. Kemudian balut kepala menggunakan handuk yang sudah dicelupkan ke air hangat. Diamkanlah kurang lebih selama 20 menit. Kemudian bilas dengan air.

  1. Baking soda
Kebanyakan dari kita mengetahui bahwa baking soda merupakan bahan membuat roti. Ternyata kandungan baking soda bisa menghilangkan ketombe hingga ketombe hilang. Caranya gosokkan di secukupnya kulit kepala. Lalu bilas dengan air hingga bersih.

  1. Shampoo
Meski tidak menggunakan obat bahan kimia dalam mengatasi ketombe, kita tetap membutuhkan shampoo agar membersihkan rambut. Oleh karenanya, pilihlah shampoo sesuai dengan kulit kita. Bila sudah cocok serta tak ada masalah, jangan berganti-ganti shampoo lagi.

Hindari jangan sampai kita tergoda membeli berbagai macam merk shampoo karena tergoda dengan iklan, Rambut bukanlah bahan percobaan. Terlebih lagi kulit kepala berhubungan dan sangat dekat dengan syaraf-syaraf dalam kepala.

Itulah beberapa Cara Menghilangkan Ketombe Membandel dengan bahan alami. Saran lagi, jangan terlalu sering keramas. Paling tidak, keramaslah 2 sampai 3 kali dalam satu minggu. Tak perlu setiap hari. Justru keramas setiap hari dapat menghilangkan kelembaban alami pada kulit kepala serta rambut. Ketika membilas rambut, pastikan membilasnya dengan bersih, karena adanya busa yang tertinggal juga dapat menimbulkan ketombe serta rambut rusak.

0 comments