Alasan Mengapa Umat Islam Diwajibkan Untuk Berdakwah


Alasan Mengapa Umat Islam Diwajibkan Untuk Berdakwah

Mengapa Umat Islam Diwajibkan Untuk Berdakwah – Islam merupakan agama dakwah yang berarti Islam dapat tersebar ke seluruh dunia. Islam dapat dianut, dipahami serta diamalkan oleh orang dari berbagai suku serta bangsa oleh karena dakwah. Dakwah ini dilakukan tanpa henti sepanjang kurun waktu sejarah Islam. Ajaran Islam memang memiliki perintah pada umatnya agar berdakwah, yaitu mengajak manusia ke jalan Allah dengan hikmah. Dengan berdakwah, maka kita sebagai muslim berkewajiban mengajak orang lain untuk melaksanakan amar makruf nahi mungkar.

Ketahuilah bahwa misi utama Muhammad utusan Allah adalah untuk berdakwah, yaitu mengajak  manusia pada jalan kebenaran, memberikan kabar gembira dengan pahala dan kebahagiaan hidup baik di dunia maupun di akhirat bagi yang bersedia untuk mengikuti jalannya. Selain itu juga memberi peringatan datangnya azab bagi yang mengingkarinya. Sejarah membuktikan bahwa Rasulullah berhasil menegakkan peradaban yang penuh rahmat dengan landasan tauhid di Jazirah Arab yang setelah itu menyebar ke seluruh belahan dunia.

Kita sudah sering mendengar bahwa manusia adalah tempatnya salah dan lupa. Maka wajar rasanya jika sering khilaf. Maka disinilah peringatan serta nasehat sesama muslim sangat diperlukan. Dakwah sesungguhnya adalah wujud dari kepedulian muslim yang satu dengan muslim lainnya, atau bahkan kepada sesama manusia. Seorang muslim wajib mengingatkan orang lain dengan kasih sayang agar mereka tidak menempuh jalan yang salah.
Yang perlu kita ketahui, dengan dakwah maka umat Islam akan dihindarkan dari sikap individualis serta tidak peduli dengan nasib sesama. Sikap individualistis ini dapat menimbulkan berbagai macam problematika dalam masyarakat. Bila suatu tindakan yang nampak bersifat individual, namun jika dibiarkan maka dampaknya akan berpengaruh terhadap komunal.
Dakwah sendiri merupakan gerakan maupun upaya yang terus menerus untuk membawa perubahan terhadap manusia dari jahiliah menjadi Islam, atau yang telah Islam jadi lebih bertakwa lagi, sampai terbentuknya tatanan masyarakat Islami. Berikut beberapa alasan Mengapa Umat Islam Diwajibkan Untuk Berdakwah:

  1. Mentauhidkan Allah
Sebenarnya inti dari dakwah adalah seruan pada manusia agar mentauhidkan Allah. Oleh karenanya, dakwah Islam juga disebut juga dengan dakwah ila tauhidillah. Orang yang bertauhid berarti beriman terhadap wujud Allah dengan segala sifat serta asma’-Nya. Tauhid akan membawa muslim kepada iman terhadap Kitab-kitab, Malaikat, Rasul, Hari Akhir serta Qadha-Qadar Allah yang termasuk dalam aqidah Islam. Bisa dikatakan, dakwah bertujuan untuk menanamkan aqidah Islam.

  1. Islam sebagai rahmat
Seseorang yang beriman kepada Allah tak hanya sekedar percaya terhadap adanya Allah. Namun juga harus disertai ketundukan terhadap segenap perintah-Nya. Jika Rasulullah diutus untuk membawa rahmat Allah, maka yang dimaksud dengan rahmat akan dirasakan ketika perintah Allah telah diterapkan, entah dalam kehidupan pribadi ataupun masyarakat. Dakwah memiliki tujuan agar perintah Allah dapat diterapkan didalam kehidupan bermasyarakat.

  1. Islam menjadi pedoman hidup manusia
Agama Islam merupakan agama bagi seluruh umat manusia. Adanya misi untuk mengajak manusia mentauhidkan Allah serta menjadikan Islam sebagai rahmad, maka dakwah terus dikembangkan hingga seluruh penjuru dunia dengan berbagai cara. Namun memang hal ini kerap menimbulkan kesalahpahaman dari orang diluar Islam. Padahal nabi mengajarkan bahwa Islam adalah agama yang cinta damai.

  1. Menggapai Ridha Allah
Dakwah merupakan bagian dari ibadah. Tentunya sebagai ibadah, maka dakwah akan mempunyai nilai  tersendiri di sisi Allah jika dijalankan dengan cara benar serta dengan hati yang ikhlas. Harus dipahami bahwa tujuan dari dakwah adalah untuk menggapai ridha Allah dengan menjalankan sesuai tuntunan agama.


Demikianlah alasan Mengapa Umat Islam Diwajibkan Untuk Berdakwah. Semoga hal ini akan membuat kita akan semakin beriman dan bersemangat dalam berdawah di jalan Allah. Buktikan bahwa Islam adalah rahmat bagi seluruh alam.

1 comments

  1. Jawaban yang lebih tepat tentang "Mengapa umat Islam diwajibkan untuk berdakwah" ada di sini > Mengapa umat Islam diwajibkan untuk berdakwah?

    ReplyDelete