Muslimah yang Baik

muslim-dan-muslimah, muslimah-yang-baik

Pada zaman sekarang banyak sekali para wanita yang tidak memperhatikan soal dirinya sendiri dan ada pula yang tidak bisa menjaga tutur katanya dengan baik serta bertingkah laku semaunya sendiri. Tentu hal ini merupakan sifat tidak baik untuk kaum muslimah. Karena hal ini bukanlah salah satu contoh muslimah yang baik. Alangkah baiknya kita menghindari sifat yang demikian. Agar kita dapat menjadi pribadi muslim dan muslimah yang baik berdasarkan syariat Islam. Namun sebenarnya bagaimana sih muslimah yang baik itu. Berdasarkan syariat Islam ada beberapa kriteria tertentu seorang wanita dikatakan muslimah yang baik

Seorang muslimah yang mampu menjaga auratnya

Seorang wanita dapat dikatakan sebagai muslimah yang baik jika ia mampu menjaga auratnya. Yang dimaksud menjaga auratnya disini adalah ia yang mau memakai hijab. Karena pada dasarnya seorang wanita diwajibkan pada dirinya untuk memakai hijab. Ada beberapa keuntungan seorang wanita memakai hijab yaitu diantaranya, imajinsi liar para laki-laki akan bisa ditekan sehingga syahwat mereka pun akan lebih mudah untuk dikendalikan, perempuan juga tidak akan merasa ngiri terhadap keelokan tubuh perempuan lain dll.

Memiliki akhlak yang mulia

Wanita muslimah selain menghiasi dirinya dengan pakaian yang sesuai syariat dan akan lebih indah lagi jika menghiasinya dengan akhlak mulia yang merupakan pokok kebaikan dan amalan yang menyamai derajat puasa, shalat malam dan menjadi pemberat timbangan.

Mampu menjaga lisan

Seorang muslimah yang baik adalah ia yang mampu menjaga lisannya. Karena sekarang banyak sekali para wanita yang tidak mampu menjaga lisannya dengan baik sehingga berbicara sesuka hati tanpa ia sadari. Padahal setiap apa yang kita ucapkan akan sangat berpengaruh kepada orang lain, dan hal ini ditakutkan dari ucapan kita adalah dapat menyinggung atau menyakiti perasaan orang lain. Oleh karena itu jagalah lisan kalian dari kata-kata syirik, kufur, ghibah, namimah, berdusta, bersumpah palsu, bersaksi palsu, menuduh, beradu mulut, memaki, mengumpat, mencela, bersumpah dengan nama selain Allah, mengutuk, dan menghardik anak yatim serta berkata kasar terhadap orang tua.

Tidak memiliki sifat hasud dan dengki

Muslimah yang baik itu adalah ia yang tidak memiliki sifat hasud dan dengki. Karena sifat hasud dan dengki merupakan sifat yang tidak baik, karena dengki membawa jiwa gelap dan hati menjadi kelam serta tidak mengenal kata maaf walaupun hanya karena perkara sepele sedangkan hasud merupakan penyakit ruhani yang berbahaya dan menular. Untuk itu seorang muslimah yang baik harus menghindari sifat yang demikian.

Memiliki rasa malu
muslim-dan-muslimah, rasa-malu-muslimah

Rasa malu yang dianugerahkan Allah kepada kita adalah sebuah harta simpanan yang sangat mahal. Rasa malu untuk berbuat maksiat dan dosa wajib dimiliki oleh setiap muslim, baik laki-laki maupun perempuan. Sebab sifat malu termasuk cabang keimanan yang mampu mendatangkan kebaikan dan kesuksesan di dunia dan akhirat.

Memelihara amanah

Seorang wanita yang baik adalah ia yang mampu memelihara amanah. Karena amanah mempunyai pengaruh penting dalam pergaulan antar sesama manusia dan modal utama untuk berlaga di arena kehidupan. Dengan amanah hubungan antar suami dan istri, serta anak dan orang tua menjadi harmonis, antara sodara terjalin keakraban dan antar teman terjalin kesetiaan.

Jujur

Seorang muslimah yang baik harus berusaha menjadi orang jujur dan berupaya untuk berkata jujur sambil terus berdoa. Karena kejujuran seseorang akan mendapatkan kehormatan dan perkataan orang jujur bisa diterima oleh musuhnya, bahkan kejujuran dapat menyelamatkan manusia dari bencana.

0 comments