Mengapa Interaksi Sosial Dikatakan Sebagai Kunci Dari Semua Kehidupan Sosial?

mengapa-interaksi-sosial-dikatakan-sebagai-kunci-dari-semua-kehidupan-sosial
Interaksi Sosial - Mengapa?

Mengapa Interaksi Sosial Dikatakan Sebagai Kunci Dari Semua Kehidupan Sosial?

Mengapa? - Hubungan manusia dengan manusia, maupun relasi sosial dapat menentukan struktur masyarakat. Relasi-relasi sosial atau hubungan antar manusia didasarkan pada komunikasi. Oleh sebab itu, komunikasi menjadi dasar atas existensi masyarakat. Hubungan satu dengan lainnya dalam suatu masyarakat, entah dalam bentuk individu dengan individu lainnya, individu dengan kelompok, maupun antar kelompok manusia, mewujudkan segi dinamika perubahan serta perkembangan masyarakat. Jika kita lihat komunikasi maupun hubungan tersebut sebelum memiliki bentuk yang konkrit dengan disesuaikan dengan nilai sosial dalam suatu masyarakat, ternyata hal tersebut mengalami sebuah proses terlebih dulu. Proses-proses itulah yang dimaksud dengan proses sosial.

Proses-proses sosial merupakan cara berhubungan yang bisa dilihat jika individu dengan individu lainnya serta kelompok-kelompok manusia bertemu kemudian menentukan sistem dan bentuk hubungan tersebut, ataupun apa yang terjadi jika ada perubahan yang menyebabkan goyahnya cara hidup sebelumnya. Bila dilihat dari sudut ini, komunikasi dapat dipandang sebagai sistem di dalam suatu masyarakat ataupun sebagai proses sosial. Di dalam komunikasi, manusia akan saling mempengaruhi dan timbal balik sehingga terbentuk pengalaman maupun pengetahuan mengenai pengalaman masing-masing. Oleh sebab itu, komunikasi jadi dasar kehidupan sosial maupun proses sosial tersebut.

Manusia di dalam kehidupannya tak dapat hidup sendiri. Manusia merupakan makhluk sosial yang dalam hidupnya bersosialisasi di dalam proses interaksi. Interaksi sosial menjadi suatu fondasi atas hubungan berupa tindakan yang didasrkan norma serta nilai sosial yang berlaku serta diterapkan di masyarakat. Dengan adanya norma dan nilai yang berlaku, maka interaksi sosial sendiri bisa berlangsung dengan baik bila aturan-aturan serta nilai yang ada bisa dilakukan dengan baik. Bila tak ada kesadaran dari pribadi masing-masing, proses sosial tidak bisa berjalan sesuai yang kita harapkan. Di dalam kehidupan sehari-hari, tentunya manusia tak bisa lepas dari hubungan antar manusia, yang akan selalu perlu untuk mencari individu maupun kelompok lain agar bisa berinteraksi maupun bertukar pikiran.

Adanya kesadaran di dalam berkomunikasi antar warga suatu masyarakat, akan menyebabkan masyarakat bisa dipertahankan menjadi suatu kesatuan. Sebab itu juga, dalam setiap masyarakat akan terbentuk apa yang disebut denagn suatu sistem komunikasi yang terdiri atas lambang-lambang yang berarti serta memiliki arti-arti khusus bagi setiap masyarakat. Sebab Keberlangsungan kesatuannya jalan komunikasi tersebut, setiap masyarakat bisa membentuk kebudayaannya dengan berdasarkan sistem komunikasi masing-masing.

Di dalam masyarakat modern, maka arti komunikasi jadi lebih penting lagi, sebab pada umumnya masyarakat modern bentuknya semakin bertambah rasional serta lebih didasarkan dengan lambang-lambang yang semakin abstrak. Bentuk general dari proses-proses sosial yaitu interaksi sosial. Karena bentuk lain dari proses-proses sosial hanyalah merupakan bentuk khusus dari interaksi, dengan begitu interaksi sosial bisa dinamakan proses sosial. Interaksi sosial menjadi kunci semua kehidupan sosial. Tanpa interaksi sosial tidak akan mungkin hadir kehidupan bersama. Itulah  Mengapa Interaksi Sosial Dikatakan Sebagai Kunci Dari Semua Kehidupan Sosial. Interaksi sosial menjadi syarat utama terjadinya aktivitas sosial dan merupakan hubungan yang dinamis. Yang berkaitan dengan hubungan antara orang perorangan, antara kelompok manusia, ataupun antara perorangan dengan kelompok-kelompok manusia.

Ada 2 syarat yang harus terpenuhi supaya interaksi sosial mungkin untuk terjadi, yaitu adanya kontak sosial dan adanya komunikasi. Dengan begitu kontak merupakan tahap untama terjadinya interaksi sosial. Bisa dikatakan bahwa agar terjadinya suatu kontak, tak perlu harus terjadi dengan fisik seperti arti semula dengan arti harfiah ‘bersama-sama menyentuh’. Manusia individu bisa mengadakan kontak tanpa harus menyentuhnya namun sebagai makhluk sensoris, bisa melakukannya dengan komunikasi yang ada banyak macamnya.
Kontak sosial bisa berlangsung dalam 3 bentuk, yaitu antara individu dan individu yang merupakan bentuk pertamanya, antara individu dengan kelompok manusia maupun sebaliknya yang merupakan bentuk kedua dan antara sesuatu kelompok dengan kelompok manusia lainnya yang merupakan bentuk ke tiga.

Kontak sosial akan bersifat positif jika mengarah pada suatu kerjasama dan bisa bersifat negatif jika mengarah pada suatu pertentangan atau bahkan bisa lama sekali tak menghasilkan interaksi sosial. Itulah alasan Mengapa Interaksi Sosial Dikatakan Sebagai Kunci Dari Semua Kehidupan Sosial. Semoga bermanfaat.

0 comments