Daftar Menu Diet Sehat Sehari-hari yang Cocok untuk Orang Indonesia


daftar-menu-diet-sehat-sehari-hari-yang-cocok-untuk-orang-indonesia

Daftar Menu Diet Sehat Sehari-hari yang Cocok untuk Orang Indonesia

Mengapa? - Dalam menjalankan diet sehat, maka kita juga harus menyiapkan berbagai menu makanan yang dikonsumsi sehari-hari. Menurunkan berat badan akan lebih mudah bila kita telah menyiapkan bahan makanan yang mempunyai kandungan gizi tinggi tapi tetap mempunyai kandungan lemak serta kalori yang rendah. Dengan memilih menu sehat juga bisa membuat berat badan tidak mudah naik. Pilihan menu diet sehat tentunya amat dianjurkan untuk jangka waktu yang lama sebab dapat menjaga kesehatan dan menjaga bentuk tubuh kita.

Orang Indonesia yang suka mengkonsumsi nasi, terlebih lagi secara berlebihan maka akan bisa membuat berat badan kita naik. Ini dikarenakan adanya karbohidrat tinggi dalam nasi sedangkan tubuh kita kurang aktifitas. Hal inilah yang kemudian membuat berat badan naik. Kalori serta energi dari nasi akan disimpan dalam tubuh. Ini akan membuat cadangan itu menjadi lemak dalam tubuh karena tak terbakar melalui aktifitas dari gerak tubuh.

Oleh sebab itu, ketika masa diet, kita akan sering dianjurkan agar tidak mengkonsumsi nasi atau menggantinya dengan makanan lainnya. Berikut Daftar Menu Diet Sehat Sehari-hari yang cocok untuk orang Indonesia sebagai referensi:

Roti gandum
Jenis roti gandum ini sangat baik untuk dikonsumsi saat menjalankan diet. Jenis roti gandum baik dalam menggantikan nasi putih. Roti gandum juga tak akan membuat kadar gula darah naik seperti nasi.

Telur Rebus
Makanan yang satu ini dapat kita konsumsi sebagai makanan yang kaya protein dan dapat menggantikan peran dari nasi putih dikarenakan kandungan karbohidrat yang rendah. Protein juga sangat diperlukan dalam menguatkan otot serta membantu proses-proses metabolisme di dalam sel serta jaringan tubuh.

Kentang rebus
Kentang rebus juga menjadi salah satu makanan untuk mengganyikan nasi putih. Diet kentang rebus adalah salah satu alternatif dalam menurunkan berat badan dan dapat dikonsumsi sehari-hari. Selaij mengenyangkan, ternyata kentang rebus juga dapat membantu dalam asupan serat bagi tubuh.

Selada
Selada dapat dikonsumsi sebagi menu diet sehat. Selada mengandung serat tinggi sehingga akan bisa melancarkan proses pencernaan dan membuat kenyang.

Kangkung
Sauran yang satu ini mempuyai kandungan karbohidrat sangat rendah sehingga akan aman dikonsumsi untuk menu diet. Cara yang baik untuk mengolah kangkung adalah dengan merebusnya, bukan menumisnya dengan minyak. Namun bagi yang mempunyai keluhan asam urat ada baiknya tidak berlebihan dalam mengkonsumsi kangkung.

Bayam
Sayuran yang stau ini kaya dengan serat tapi mempunyai kandungan karbohidrat rendah. Sayur bayam memiliki rasa yang segar  dan nikmat. Kandungan mineral seperti zat besi dalam kangkung dibutuhkan tubuh.

Tomat
Buah tomat sangat baik dikonsumsi. Buah ini mengandung vitamin C dan A yang baik bagi kesehatan mata. Tak hanya itu, tomat tomat juga rendah kakan arbohidrat juga dapat dipakai menu diet yang aman dikonsumsi dalam waktu yang lama.

Wortel
Wortel amat baik dikonsumsi sehari-hari. Tingginya vitamin C dan A sangat baik bagi kebutuhan nutrisi tubuh dan mata kita.

Pisang
Buah yang satu ini mengandung mineral yang dibutuhkan bagi tubuh seperti kalium. Buah pisang juga baik untuk dikonsumsi ketika diet karena bisa membuat kenyang lebih lama. Contohnya saja, menu sarapan pagi dapat mengkonsumsi 1 buah pisang dan susu skim yang rendah lemak. Hal ini terbukti dapat menggantikan peranan nasi juga membuat berat badan turun bila konsisten mengkonsumsinya.

Daftar Menu Diet Sehat Sehari-hari adalah daftar makanan yang bergizi seimbang dimana kadarnya disesuaikan kebutuhan tubuh setiap harinya. Selain itu, makanan untuk menu diet sehat harus disesuaikan kebutuhan kalori harian kita. Setiap individu mempunyai kebutuhan kalori berbeda-beda. Tapi rata-rata orang dewasa akan membutuhkan 2000 kalori setiap harinya. Konsultasikanlah pada ahli gizi supaya kita dapat mengetahui jumlah kalori sesuai kondisi tubuh seperti jenis kelamin, usia, aktivitas harian, tinggi, berat badan, dan hormon.

Mengkonsumsi makanan berdasarkan kebutuhan kalori amat penting, apalagi bila ingin mengurangi maupun menjaga berat badan. Adanya kalori pada tubuh memang dapat membuat tubuh kita berenergi. Tapi pengonsumsian kalori melebihi kebutuhan tubuh dapat membuatnya menumpuk dalam tubuh hingga tersimpan menjadi lemak.

Barangkali ada saatnya kita merasa bosan dengan menu makanan sehat dan sangat ingin mengonsumsi makanan yang kadar lemak serta kalorinya tinggi. Kita dapat mengonsumsinya di hari tertentu. Tapi keesokan harinya, kita harus kembali mengonsumsi makanan yang menjadi Daftar Menu Diet Sehat Sehari-hari seperti sebelumnya.

0 comments