Pentingnya Komunikasi Bisnis Untuk Meningkatkan Volume Penjualan


pentingnya-komunikasi-bisnis-untuk-meningkatkan-volume-penjualan
Komunikasi Bisnis
Pentingnya Komunikasi Bisnis Untuk Meningkatkan Volume Penjualan

Mengapa? - Kemajuan IPTEK mendorong perilaku manusia untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Maka akibatnya sekarang kompetisi makin kuat sebab keterbatasan sumberdaya, padahal kebutuhan manusia juga semakin meningkat. Oleh sebab itu, amat diperlukan strategi dengan tepat untuk menciptakan hubungan antar orang, klien, maupun organisasi baik privat ataupun public agar lebih terarah. Dalam mengatasi hal itu, maka kita perlu untuk memberikan bekal kepada orang yang bersangkutan agar memahami, mengerti, dan mampu untuk menerapkan perilaku komunikasi dalam bisnis. Komunikasi memang menjadi hal yang amat penting dalam kehidupan sosial manusia. Hampir semua kegiatan manusia memerlukan komunikasi, meski komunikasinya berbeda-beda antara yang satu dengan lainnya.

Dalam bisnis juga terdapat istilah komunikasi bisnis, yang merupakan pertukaran gagasan juga informasi yang memiliki tujuan tertentu baik secara personal maupun impersonal yang melalui berbagai simbol. Komunikasi bisnis haruslah melibatkan pertukaran informasi dengan terus-menerus.

Bisnis juga sangat berkaitan dengan volume penjualan. Volume penjualan tiap perusahaan umumnya tidaklah tetap dari waktu ke waktu, namun akan selalu fluktuatif alias naik turun. Di bulan-bulan tertentu, barangkali ada kecenderungan naik, kemudian pada bulan yang lain bisa berkecenderungan turun. Contohnya saja seperti perusahaan kue kering yang ketika menjelang lebaran akan berkecenderungan naik sangat tajam untuk vokume penjualannya, sedangkan ketika lebaran usai, maka volume penjualan akan menurun dengan tajam. Bisa saja naik turun volume penjualan itu terjadi ketika bulan-bulan tertentu dengan teratur, sehingga pada umumnya tiap perusahaan akan menjadikannya sebagai pedoman dalam pembuatan ramalan penjualan (forecasting).

Untuk perusahaan tertentu, bahkan tak hanya dijadikan pedoman namun dicari juga penyebab dari naik dan turunnya volume penjualan. Perusahaan yang memakai pedoman gejala naik dan turunnya volume penjualan dengan tanpa pengetahuan mengetahui sebabnya, maka barangkali suatu saat dapat mengalami kesalahan ketika membuat ramalan penjualan. Seperti suatu perusahaan tas sekolah, yang berdasarkan pengalaman diketahui bahwa di bulan Desember hingga Januari volume penjualan akan naik sangat tajam. Oleh karenanya pada bulan tersebut perusahaan akan mempersiapkan produksi dalam jumlah lebih besar. Kemudian di tahun berikutnya ternyata tahun ajaran baru dimulai pada bulan Juni. Maka ramalan penjualan perusahaan tersebut akan keliru. Hal ini dikarenakan ketidaktahuan pengusaha tersebut terhadap volume penjualan terjadi karena bertepatan dengan tahun ajaran baru.

Komunikasi bisnis pun sangat berkaitan dengan volume penjualan. Maka Komunikasi Bisnis Untuk Meningkatkan Volume Penjualan menjadi salah satu hal yang bisa dilakukan. Berikut beberapa manfaat dalam komunikasi bisnis:

-          Memberi Informasi
Komunikasi bisnis dapat memberi informasi mengenai dunia bisnis kepada pihak lain. Contohnya saja bila seorang pimpinan perusahaan menginginkan untuk memberi informasi mengenai produknya kepada para calon pelanggan, maka dilakukan dengan memasang iklan di berbagai media.

-          Memberi Persuasi
Persuasi dapat diberikan untuk pihak lain supaya apa yang disampaikan dapat dipahami dengan benar. Hal tersebut kerap dilakukan terutama didalam hubungan penegasan konfirmasi terhadap pesanan pelanggan, tujuannya agar kedua belah pihak tidak ada yang merasa dirugikan dan meyakinkan pembeli dengan produk yang kita jual.

-          Melakukan Kolaborasi
Bekerja sama atau kolaborasi dengan pihak lain akan memudahkan seseorang di dalam kerja sama bisnis. Seiring kemajuan teknologi komunikasi, maka seseorang dapat menggunakan berbagai media telekomunikasi seperti ponsel, dan media sosial atau yang lainnya. Teknologi komunikasi amatlah penting untuk mempererat kerja sama bisnis.

Komunikasi bisnis juga memiliki fungsi antara lain:

-          Informative
Fungsi informative sangat diperlukan bagi manajer atupun karyawan untuk menyelesaikan tugas dengan efisien. Ada banyak informasi yang dibutuhkan seperti:

1.  Sesuatu yang berkaitan dengan pekerjaan yaitu prosedur, tujuan perusahaan, aturan-aturan yang berlaku dsb.
2. Berbagai keberhasilan yang telah dicapai perusahaan seperti standar kerja serta laba.
3.     Keseluruhan sosio emotional perusahaan.

-          Regulatory
Komunikasi bisnis juga berfungsi untuk pengendali serta pengatur perusahaan. Komunikasi ini bisa berbentuk perintah serta laporan.

-          Persuasive
Fungsi persuative tercermin di dalam interaksi antara karyawan. Seorang karyawan berupaya supaya orang yang diajak untuk berkomunikasi menerima ide serta jalan pikirannya.

-          Integrative
Fungsi Integrative menjadikan organisasi maupun perusahaan bisa beroperasi secara utuh serta terpadu, seperti fungsi koordinasi serta penjadwalan aktivitas, menarik serta melatih para karyawan, juga penetapan saluran informasi serta otoritas.

Demikianlah ulasan tentang pentingnya Komunikasi Bisnis Untuk Meningkatkan Volume Penjualan. Semoga bermanfaat bagi siapa saja yang memang berminat atau berkecimpung dalam bidang bisnis.

0 comments