Pentingnya Komunikasi Bisnis Untuk Meningkatkan Volume Penjualan
Komunikasi Bisnis |
Pentingnya Komunikasi Bisnis Untuk Meningkatkan Volume Penjualan
Mengapa? - Kemajuan IPTEK mendorong perilaku manusia untuk memenuhi kebutuhan
hidupnya. Maka akibatnya sekarang kompetisi makin
kuat sebab keterbatasan sumberdaya, padahal kebutuhan manusia juga semakin meningkat. Oleh sebab itu, amat diperlukan strategi dengan
tepat untuk menciptakan hubungan antar orang, klien, maupun organisasi baik
privat ataupun public agar lebih terarah. Dalam mengatasi hal
itu, maka kita perlu untuk memberikan bekal kepada orang yang bersangkutan agar
memahami, mengerti, dan mampu untuk menerapkan perilaku komunikasi dalam
bisnis. Komunikasi memang menjadi hal yang amat penting dalam
kehidupan sosial manusia. Hampir
semua kegiatan manusia memerlukan komunikasi, meski komunikasinya berbeda-beda antara yang satu dengan lainnya.
Dalam bisnis juga terdapat istilah komunikasi bisnis, yang merupakan
pertukaran gagasan juga informasi yang memiliki tujuan tertentu baik secara
personal maupun impersonal yang melalui berbagai simbol. Komunikasi bisnis
haruslah melibatkan pertukaran informasi dengan terus-menerus.
Bisnis juga sangat berkaitan dengan volume penjualan. Volume penjualan tiap
perusahaan umumnya tidaklah tetap dari waktu ke waktu, namun akan selalu fluktuatif alias naik turun. Di bulan-bulan tertentu, barangkali ada
kecenderungan naik, kemudian pada bulan yang lain bisa berkecenderungan turun. Contohnya
saja seperti perusahaan kue kering yang ketika menjelang lebaran akan berkecenderungan
naik sangat tajam untuk vokume penjualannya, sedangkan ketika lebaran usai,
maka volume penjualan akan menurun dengan tajam. Bisa saja naik turun volume
penjualan itu terjadi ketika bulan-bulan tertentu dengan teratur, sehingga pada
umumnya tiap perusahaan akan menjadikannya sebagai pedoman dalam
pembuatan ramalan penjualan
(forecasting).
Untuk perusahaan tertentu, bahkan tak hanya dijadikan pedoman namun dicari juga
penyebab dari naik dan turunnya volume penjualan. Perusahaan yang memakai
pedoman gejala naik dan turunnya volume penjualan dengan tanpa pengetahuan mengetahui
sebabnya, maka barangkali suatu saat dapat
mengalami kesalahan ketika membuat ramalan penjualan. Seperti suatu perusahaan
tas sekolah, yang berdasarkan pengalaman diketahui bahwa di bulan Desember
hingga Januari volume penjualan akan naik sangat tajam. Oleh karenanya pada
bulan tersebut perusahaan akan mempersiapkan produksi dalam jumlah lebih besar.
Kemudian di tahun berikutnya ternyata tahun ajaran baru dimulai pada bulan
Juni. Maka ramalan penjualan perusahaan tersebut akan keliru. Hal ini dikarenakan
ketidaktahuan pengusaha tersebut terhadap volume penjualan terjadi karena bertepatan
dengan tahun ajaran baru.
Komunikasi bisnis pun sangat berkaitan dengan volume penjualan. Maka Komunikasi Bisnis Untuk Meningkatkan Volume
Penjualan menjadi salah satu hal yang bisa dilakukan. Berikut
beberapa manfaat dalam komunikasi bisnis:
-
Memberi
Informasi
Komunikasi bisnis dapat memberi informasi mengenai
dunia bisnis kepada pihak lain. Contohnya saja bila seorang pimpinan perusahaan
menginginkan untuk memberi informasi mengenai produknya kepada para calon
pelanggan, maka dilakukan dengan memasang iklan di berbagai media.
-
Memberi
Persuasi
Persuasi dapat diberikan untuk pihak lain supaya
apa yang disampaikan dapat dipahami dengan benar. Hal tersebut kerap dilakukan
terutama didalam hubungan penegasan konfirmasi terhadap pesanan pelanggan, tujuannya agar kedua belah pihak tidak ada yang merasa dirugikan dan
meyakinkan pembeli dengan produk yang kita jual.
-
Melakukan
Kolaborasi
Bekerja sama atau kolaborasi dengan pihak lain akan
memudahkan seseorang di dalam kerja sama bisnis. Seiring kemajuan teknologi
komunikasi, maka seseorang dapat menggunakan berbagai media telekomunikasi
seperti ponsel, dan media sosial atau yang lainnya. Teknologi komunikasi amatlah
penting untuk mempererat kerja sama bisnis.
Komunikasi bisnis juga memiliki fungsi antara lain:
-
Informative
Fungsi informative sangat diperlukan bagi
manajer atupun karyawan untuk menyelesaikan tugas dengan efisien. Ada banyak
informasi yang dibutuhkan seperti:
1. Sesuatu
yang berkaitan dengan pekerjaan yaitu prosedur, tujuan perusahaan,
aturan-aturan yang berlaku dsb.
2. Berbagai
keberhasilan yang telah dicapai perusahaan seperti standar kerja serta laba.
3. Keseluruhan
sosio emotional perusahaan.
-
Regulatory
Komunikasi bisnis juga berfungsi untuk pengendali serta
pengatur perusahaan. Komunikasi ini bisa berbentuk perintah serta laporan.
-
Persuasive
Fungsi persuative tercermin di dalam interaksi
antara karyawan. Seorang karyawan berupaya supaya orang yang diajak untuk berkomunikasi
menerima ide serta jalan pikirannya.
-
Integrative
Fungsi Integrative menjadikan organisasi maupun
perusahaan bisa beroperasi secara utuh serta terpadu, seperti fungsi koordinasi
serta penjadwalan aktivitas, menarik serta melatih para karyawan, juga penetapan
saluran informasi serta otoritas.
Demikianlah ulasan tentang pentingnya Komunikasi
Bisnis Untuk Meningkatkan Volume Penjualan. Semoga bermanfaat
bagi siapa saja yang memang berminat atau berkecimpung dalam bidang bisnis.
0 comments