Fakta Unik 10 November

Jika kita mengingat peristiwa yang terjadi di tanggal 10 November maka tentu saja kita juga mengingat peristiwa sejarah Indonesia yang terjadi di daerah Surabaya. Ya memang, pada tanggal 10 November ini terdapat peristiwa bersejarah yang tidak akan dilupakan oleh semua warga Indonesia. Karena pada tanggal ini pula terjadinya pertempuran di Surabaya, atau dikenal dengan sebutan pertempuran Arek-arek Surabaya. Pertempuran ini banyak sekali memakan korban jiwa akibat berjuang membela Indonesia. Untuk itu sekarang tanggal 10 November dikenang dengan sebutan Hari Pahlawan.
Namun sebenanya adakah fakta-fakta unik pada tanggal 10 November tersebut??? Tentu saja pasti ada fakta unik yang belum anda ketahui. Untuk itu saya akan berbagi informasi beberapa fakta unik pada tanggal 10 November yaitu :

Tanggal 10 November merupakan hari pahlawan

Unik - arek-arek Suroboyo 10 November 1945
 Kita sering memperingati tanggal 10 November sebagai Hari Pahlawan. Namun apa alasannya tanggal 10 November disebut sebagai hari pahlawan??? Tanggal 10 November disebut hari pahlawan karena pada tanggal ini rakyat Indonesia sedang berjuang melawan penjajah dan membela negara Indonesia. Masyarakat Indonesia melakukan pertempuran melawan penjajah yang pada saat itu sedang berkuasa di Indonesia. Pertempuran ini terjadi di Surabaya. Selain itu, pertempuran ini merupakan salah satu pertempuran yang terjadi pertama kali setelah Indonesia merdeka. Akibat pertempuran inilah banyak sekali pejuang-pejuang kita yang gugur. Banyak sekali korban jiwa akibat pertempuran ini. Oleh sebab itu, pada tanggal 10 November ini diperingati sebagai hari pahlawan untuk mengenang jasa-jasa pahlawan kita.

10 November merupakan pertempuran pertama Indonesia setelah merdeka

Setelah Indonesia bebeas dari penjajah dan merdeka pada tanggal 17 Agustus 1945. Ternyata Indonesia belum benar-benar terbebas dari penjajah, karena ternyata Indonesia masih mengalami penjajahan setelah merdeka dengan kedatangan bangsa Belanda, Inggris serta NICA yang masih ingin menduduki Indonesia setelah merdeka. Dengan kedatangan musuh tersebut, maka terjadilah pertempuran. Pertempuran ini terjadi di Surabaya pada tanggal 10 November 1945. Untuk itu tanggal tersebut disebut sebagai pertempuran Arek-arek Surabaya dan diperingati sebagai hari pahlawan.

Tanggal 10 November juga merupakan peristiwa diturunkannya bendera Belanda
Unik - Penurunan Bendera Belanda

Selain diperingati sebagai hari pahlawan dan pertempuran Arek-arek Surabaya, ternyata tanggal 10 November juga merupakan peristiwa diturunkannya bendera Belanda. Penurunan bendera Belanda ini dilakukan oleh beberapa pemuda Indonesia yaitu Hariyono, Sudirman dan Kusma Wibowo. Ketiga pemuda ini berebut naik ke atas hotel untuk menurunkan bendera Belanda. Hariyono yang awalnya bersama dengan Sudirman kembali ke dalam hotel dan ikut terlibat dalam pemanjatan tiang bendera bersama Kusworo Wibowo. Mereka akhirnya berhasil merobek bagian birunya bendera Belanda sehingga tinggal warna Merah dan Putih saja.




Tewasnya Brigjen Mallaby A.W.S dalam pertempuran
Unik - Mobil dimana Mallaby terbunuh

Tanggal 10 November juga merupakan salah satu peristiwa yang mungkin membuat negara Inggris bersedih. Karena pada tanggal ini pula pimpinan Inggris pada waktu itu meninggal akibat penembakan yang dilakukan oleh pemuda. Penembakan ini terjadi saat mobil Jendral Mallaby bertemu dengan sekelompok milisi Indonesia , pada saat itu terjadi kesalahpahaman yang akhirnya menyebabkan tembak menembak yang berakhir dengan tewasnya Brigadir Jenderal Mallaby.

Perhitungan—perhitungan saat masa perang 10 November

Mungkin sobat masih bingung yang dimaksud dengan perhitungan-perhitungan saat masa perang 10 November tersebut. Maksud dari perhitungan tersebut adalah perhitungan jumlah korban tewas, perhitungan jumlah pihak yang terlibat dan kerugian oleh kedua belah pihak dan lain sebagainya yang belum pasti sampai sekarang.
Unik - Suasana pertempuran 10 November 1945
 Itulah sebagian Fakta Unik 10 November yang bisa saya bagikan. Tentu sejarah mencatat 10 November sebagai momen yang monumental bagi perjalanan kemerdekaan bangsa Indonesia ini. Kebanggaan dan renungan bagi kita sebagai generasi yang menikmati kemerdekaan agar selalu ingat jasa-jasa para pahlawan.

0 comments