Mengapa Keragaman Sangat Penting Bagi Bangsa Indonesia?

Mengapa Keragaman Sangat Penting Bagi Bangsa Indonesia?
Bhinneka Tunggal Ika - Berbeda-beda tetapi tetap satu jua

Mengapa Keragaman Sangat Penting Bagi Bangsa Indonesia?

Indonesia adalah negara kepulauan yang memiliki banyak kekayaan dan keragaman ras, budaya, suku bangsa, agama, kepercayaan, bahasa daerah, serta masih banyak lainnya. Meski penuh keragaman budaya, namun Indonesia tetaplah satu sesuai semboyan Bhineka Tunggal Ika. Semboyan ini memiliki arti "meski berbeda-beda namun tetap satu jua".
Keragaman menjadi suatu kondisi dalam kehidupan masyarakat. Perbedaan ada dalam ras, suku bangsa, agama, dan budaya. Keragaman di Indonesia merupakan kekayaan serta keindahan dari bangsa indonesia. Maka pemerintah haruslah dalam mendorong keragaman jadi suatu kekuatan agar dapat mewujudkan persatuan serta kesatuan nasional untuk menuju Indonesia yang lebih baik di masa yang akan datang.

Arti Pentingnya Keragaman Bagi Bangsa Indonesia
Keragaman Indonesia bisa terbentuk dengan banyaknya suku bangsa yang ada di wilayah Indonesia serta tersebar di berbagai wilayah dan pulau di penjuru Indonesia. Tiap suku bangsa mempunyai ciri khas serta karakteristik tersendiri dalam aspek sosial serta budaya. Berdasarkan penelitian BPS pada 2010, di Indonesia ada 1.128 suku bangsa.
Dalam aspek kewilayahan dapat menjelaskan, bahwa wilayah Indonesia berbentuk kepulauan yang mempunyai ribuan pulau besar kecil serta di dalamnya. Pulau satu dengan pulau lainnya terpisah oleh laut yang amat luas. Kondisi wilayah seperti itu dapat menjadikan pemisah antara daerah ynag satu dengan daerah lainnya. Apalagi ada jarak yang jauh dari pusat dengan daerah. Dengan kondisi tersebut, maka perlu disadari semua pihak bahwa NKRI sebenarnya sangat rawan terjadi perpecahan atau disintegrasi.

Sedangkan aspek sosial budaya menerangkan bahwa masyarakat Indonesia memiliki berbagai macam perbedaan, entah itu perbedaan agama, ras, suku, bahasa serta kebudayaan. Dengan kondisi sosial budaya seperti itu, menjadikan bangsa Indonesia menyimpan berbagai potensi terjadinya konflik. Faktanya dalam kehidupan berbangsa, Indonesia kerap terjadi konflik antar kelompok masyarakat dengan berlatar belakang perbedaan-perbedaan tersebut. Hingga kini, berbagai konflik yang terjadi tak menimbulkan perpecahan bangsa ini. Tapi kenyataan seperti itu dapat manjadikan perhatian bagi semua pihak supaya bisa mempertahankan persatuan serta kesatuan bangsa Indonesia agar tetap terjaga.

Maka dengan 2 alasan tersebut, kita menjadi tahu Mengapa Keragaman Sangat Penting Bagi Bangsa Indonesia penting untuk dipahami yaitu dengan tujuan untuk mengusahakan serta mempertahankan persatuan serta kesatuan NKRI. Tanpa mempunyai kesadaran akan keragaman, bangsa Indonesia mungkin saja dapat terjerumus dalam perpecahan.

Mengapa Keragaman Sangat Penting Bagi Bangsa Indonesia?
Ada banyak alasan Mengapa Keragaman Sangat Penting Bagi Bangsa Indonesia. Alasannya karena ada banyak manfaat, diantaranya:

Sebagai Sumber Pengetahuan Untuk Dunia
Budaya menjadi  nilai-nilai yang ada dalam suatu masyarakat serta dilembagakan ke dalam bentuk artefak budaya sehingga bisa dinikmati oleh masyarakat serta generasi penerusnya. Dengan adanya hal tersebut dengan begitu kita akan mengetahui nilai-nilai masyarakat pada masa lalu. Ini sangat penting untuk menjadikannya sumber pengetahuan dan menjadi informasi yang sangat berharga.

Sebagai Identitas Bangsa di Mata Dunia
Dengan keragaman budaya yang ada dapat menjadi identitas diri bangsa. Manfaat keragaman budaya Indonesia akan membuat indonesia mempunyai banyak artefak budaya yang dapat mengenalkan bangsa kita kepada dunia. Dengan keanekaragaman budaya juga tentu akan melahirkan berbagai ide yang berguna untuk kemajuan bangsa dan negara.

Untuk Memupuk Sikap Toleransi dan Nasionalisme
Dengan keragaman budaya, maka diharapkan akan mempertebal sikap toleransi, rasa tolong menolong dan sikap nasionalisme kita. Perbedaan budaya bisa menciptakan rasa nasionalisme serta cinta tanah air, sebab keanekaragaman budaya adalah suatu kekayaan yang dipunyai suatu bangsa. Budaya juga menjadi faktor daya tarik serta kekayaan yang dimiliki suatu bangsa. Kebudayaan mengajarkan kita dengan nilai-nilai leluhur bangsa serta kegunaannya masing-masing.

Menjadi Alat Pemersatu Bangsa
Adanya banyak bahasa daerah ternyata tak menyebabkan bangsa kita jadi terpecah belah, namun justeru menambah kekayaan perbahasaaan. Keunikan ini menjadi kekayaan yang tidak ada negara lainnya yang mempunyai keanekaragaman budaya seperti Indonesia.

Demikianlah pemaparan mengenai Mengapa Keragaman Sangat Penting Bagi Bangsa Indonesia. Sebagai generasi penerus, maka kita harus bisa menjaga serta melestarikan budaya bangsa kita yang kita cintai. Jangan kita biarkan perbedaan membuat kita lemah serta memicu konflik, tapi marilah kita bersama-sama menyongsong Indonesia yang lebih baik lagi.

0 comments