Mengapa Kita Harus Mengkonsumsi Makanan Sehat

mengapa-kita-harus-mengkonsumsi-makanan-sehat, tips-kesehatan
Apa saja alasan mengapa kita harus mengkonsumsi makanan sehat?

Mengapa Kita Harus Mengkonsumsi Makanan Sehat

Manusia sangat membutuhkan yang namanya makanan. Tanpa adanya makanan maka manusia tidak akan dapat hidup dengan baik. Namun meskipun begitu, tidak semua makanan baik dimakan dan dikonsumsi oleh kita. Perhatikan beberapa jenis makanan yang baik untuk dikonsumsi oleh tubuh. Dan selain itu juga pastikan bahwa makanan tersebut tidak mengandung bahan yang berbahaya bagi tubuh. Sebab jika ditemukan ada beberapa bahan makanan yang tdak sehat maka akan membuat tubuh mudah terserang penyakit.
Oleh sebab itu perhatikan makanan kita sebelum kita memakannya. Karena tidak semua makanan itu baik untuk dimakan. Salah satu makanan yang baik itu adalah seperti :

1.     Banyak mengandung sayuran
Makanan yang baik adalah makanan yang banyak mengandung berbagai jenis sayuran, baik sayuran hijau, kacang-kacangan dan lain sebagainya. Semua jenis sayuran itu baik untuk tubuh sebab banyak kandungan vitamin yang terdapat didalam sayuran tsb. Misalnya adalah wortel. Wortel mengandung vitamin A. Dan tidak hanya itu saja, masih banyak kandungan lainnya yang bermanfaat untuk tubuh yang bisa kamu temukan pada sayuran wortel.

2.    Buah-buahan
Makanan sehat selanjutnya adalah buah-buahan. Buah adalah salah satu makanan pelengkap kita setelah kita makan makanan utama. Kita juga perlu makan buah, sebab buah banyak mengandung serat dan vitamin yang baik untuk tubuh. Selain itu buah juga dapat membantu masalah pencernaan kita. Sehingga makan buah itu sangatlah penting.

3.    Tidak banyak menggunakan penyedap rasa
Makanan yang baik adalah makanan yang tidak banyak mengandung penyedap rasa. Sebab ini tidak baik untuk tubuh kita. Meskipun makanan tanpa ada bumbu penyedap rasa tidaklah sedap atau kurang lezat. Namun justru ini akan jauh lebih baik. Karena bumbu penyedap rasa dapat membahayakan tubuh kita, dan selain itu dapat menyebabkan kanker. Oleh karena itu usahakan menggunakan sedikit saja atau tidak sama sekali.

Itu beberapa jenis makanan yang baik untuk tubuh yang mesti diperhatikan. Masih banyak jenis makanan yang baik untuk tubuh yang bisa kita temukan. Perhatikan penjelasan diatas mengenai makanan yang baik untuk manusia. Karena jika kita sudah tahu dan paham, maka kita dapat melakukannya dengan baik dan benar. Sebab manusia itu sangat membutuhkan makanan yang sehat. Ada beberapa alasan kenapa kita harus mengkonsumsi makanan sehat. Salah satu alasan tersebut adalah :

a.     Tubuh sehat
Jika kita makan makanan yang sehat maka tubuh kita akan terasa sehat dan tentu tidak akan mudah sakit. Sebab makanan yang sehat pasti tidak akan banyak mengandung bahan kimia, bersih, higenis dan lain sebagainya. Makanan yang sehat pasti sangat memperhatikan bahan yang yang terkandung didalamnya. Sehingga aman jika dimakan dan dikonsumsi oleh tubuh.

b.    Aman dikonsumsi
Salah satu keuntungan jika kita makan makanan sehat adalah kita dapat mengkonsumsi makanan dalam jumlah yang banyak dan dalam waktu yang lama. Karena kita sering menemukan banyak anak kecil yang suka jajanan diluar yang belum tentu sehat. Dalam hal ini tentu akan sangat membahayakan bagi tubuh mereka. Oleh sebab itu makanan sehat itu sangat penting agar makanan yang kita  makan bisa aman dikonsumsi oleh tubuh.

c.     Terhindar dari berbagai penyakit
Jika kita makan makanan yang sehat maka kita tidak akan mudah terserang penyakit. Sebab makanan sehat pasti sudah terjamin kesehatannya, vitamin yang banyak, mineral, kalsium dan lain sebagainya. Sehingga tubuh terhindar dari namanya sakit yang disebabkan bakteri maupun virus.

d.     Banyaknya vitamin yang baik untuk tubuh
Makanan sehat pasti makanan yang banyak mengandung vitamin. Vitamin-vitamin tersebut sangatlah baik untuk tubuh. Sebab makanan sehat yaitu makanan yang banyak mengandung sayuran, buah dan tentu sedikit mengandung bahan yang berbahaya. Jika makanan itu banyak mengandung vitamin baik vitamin A, B, C atau pun vitamin lainnya maka akan sangat membantu tubuh dalam menjaga metabolisme agar tidak mudah sakit dan tubuh selalu sehat.

Itu beberapa macam alasan mengapa kita perlu mengkonsumsi makanan yang sehat. Untuk itu mulai sekarang perhatikan jenis makanan dan bahan yang Anda gunakan. Pilih dengan hati-hati dan konsultasikan dengan ahli gizi maupun dokter yang anda percayai. Semoga membantu !

0 comments