Tips Menu Diet Sehat Untuk Menurunkan Berat Badan Ideal

menu-diet-sehat, tips-kesehatan

Tips Menu Diet Sehat Untuk Menurunkan Berat Badan Ideal

Menu Diet Sehat – Rasanya hampir tiap orang ingin tubuh proporsional dengan berat badan ideal. Umumnya orang yang memiliki berat badan yang berlebihan akan melakukan diet agar mendapat berat badan yang ideal. Diet memang menjadi salah satu cara yang efektif dalam menurunkan berat badan, namun ada sebagian yang melakukan diet dengan cara yang tidak sehat, seperti mengonsumsi berbagai obat diet yang mengandung bahan kimia serta penerapan diet yang salah sehingga menimbulkan efek samping yang malah membuat tubuh menjadi sakit.

Kita memang ingin agar berat badan cepat turun serta menjadi langsing, namun perubahan pola makan secara drastis apalagi sampai tidak makan akan beresiko adanya gangguan kesehatan. Tak hanya itu, usaha yang terlalu keras namun tidak sehat, tidak membuat gaya hidup menjadi sehat walaupun demi menjaga stabilnya berat badan yang ideal dalam waktu yang lama.
Obesitas dapat dipicu oleh berbagai hal seperti genetik, pola makan, dan lain-lain. Kita bisa berusaha menurunkan berat badan dengan cara yang cepat serta alami tanpa harus menimbulkan efek samping dan tidak membahayakan kesehatan kita, hal ini juga akan lebih murah serta ekonomis. Berikut ini beberapa cara menentukan Menu Diet Sehat untuk menurunkan berat badan:

  1. Tentukan Target
Mulai target dengan hal-hal kecil sebagai langkah awal dalam menurunankan berat badan, seperti bila suka ngemil makanan berlemak seperti gorengan, maka niatlah untuk mengurangi atau berhenti mengonsumsi gorengan.

  1. Mengonsumsi Air Putih yang Banyak
Seringkali kita dianjurkan untuk memperbanyak minum air putih, minimal 8 gelas setiap hari. Memperbanyak minum air putih bisa mengurangi resiko dehidrasi dan efektif menurunkan berat badan sebab lambung akan terasa penuh sehingga kita akan merasa kenyang meski tidak makan.

  1. Olahraga atau Aktif Bergerak
Olahraga menjadi aktivitas yang harus dilakukan ketika diet. Olahragalah secara rutin agar membakar lemak di dalam tubuh sehingga akan menurunkan berat badan. Contoh olahraga yang sangat efektif dalam menurunkan berat badan seperti jalan santai, jogging, senam aerobik, serta olahraga lainnya. Bila kita memiliki waktu luang yang sedikit, maka cara yang dapat dilakukan adalah dengan berjalan kaki ketika menaiki tangga di kantor, hal ini dapat membantu membakar lemak secara cepat di dalam tubuh.

  1. Mengonsumsi Makanan yang Efektif Membakar Lemak Tubuh
Mengonsumsi makanan yang dapat membantu membakar lemak dalam tubuh sangat penting untuk melakukan diet sehat. Berikut beberapa beberapa makanan yang efektif membakar lemak dalam tubuh:

Buah berry
Terdapat beberapa jenis berry yang efektif dalam menurunkan berat badan seperti raspberry, bluberry, serta strawberry. Jenis buah berry tersebut dikenal rendah kalori serta mengandung flavonoid sehingga cocok dikonsumsi dalam program diet. Buah berry juga mengandung antioksidan yang bisa menangkal radikal bebas.

Telur
Telur menjadi salah satu makanan yang banyak mengandung protein serta rendah kalori yang sangat dianjurkan untuk dikonsumsi ketika diet.

Yogurt
Salah satu makanan sehat dengan banyak kandungan vitamin serta rendah lemak adalah yogurt. Bila secara rutin mengkonsumsi yogurt setiap hari bisa menurunkan kadar lemak di dalam perut hingga 81%.

Teh hijau
Salah satu minuman yang sering dikonsumsi adalah teh, namun untuk orang yang diet, konsumsilah teh hijau yang efektif menurunkan berat badan. Teh hijau dapat meningkatkan proses metabolisme di dalam tubuh yang membuat pembakaran lemak di dalam tubuh akan lebih cepat. Maka bila kita ingin menurunkan berat badan dengan cepat maka konsumsilah teh hijau dengan teratur setiap hari agar mendapatkan hasil maksimal.

  1. Aturlah Isi Makanan pada Piring
Aturlah kembali makanan di piring ketika makan. Intinya penuhi sepertiga piring dengan makanan yang rendah lemak seperti daging unggas, ikan, ataupun daging tanpa lemak. Perbanyak pula buah, sayur serta kacang-kacangan. Pilihlah sumber karbohidrat lebih sehat bisa kentang atau beras merah. Bila mengkonsumsi buah, pilihlah yang memiliki rasa tidak terlalu manis contohnya saja seperti tomat, alpukat, dan apel.


Demikianlah ulasan mengenai diet sehat untuk menurunkan berat badan yang ideal. Semoga bermanfaat bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan dengan cara Diet Sehat.

0 comments