Fakta Unik 1 Muharram

Tidak terasa bahwa kita sudah melewati 1 Muhrram atau Tahun Baru Islam yang jatuh pada tanggal 21 September 2017 kemarin. Biasanya di Tahun Baru Islam tersebut banyak sekali acara atau penyambutan tertentu di setiap daerah, tidak hanya itu saja namun juga banyak ritual yang dilakukan.
Unik - 1 Muharram
Meskipun pada dasarnya tidak ada anjuran dan perintah dari Rasul dan
ajaran Islam itu sendiri, namun banyak sekali orang-orang yang antusias meyambut Tahun Baru Islam tersebut dengan mengadakan acara atau hal lainnya. Tanpa kita sadari bahwa pada tanggal 1 Muharram atau Tahun Baru Islam itu terdapat hal-hal yang unik dan menarik yang perlu kita ketahui. Fakta menarik dan unik 1 Muharram antara lain


1 Muharram atau Tahun Hijriyah di mulai 6 tahun setelah wafatnya Rasul
Unik - Puasa adalah sunnah di bulan Muharram
Penentuan kapan dimulainya 1 Muharram atau Tahun Baru Hijriyah adalah setelah 6 tahun wafatnya Nabi Muhammad SAW. Namun demikian, sistem yang mendasari kalender hijriyah sudah ada sejak zaman pra-Islam. Dulu sebelum datangnya Islam di Arab, Arab mengenal sistem kalender yang berbasis campuran yaitu antara bulan dan matahari.

Awal hari di penanggalan Hijriyah di mulai saat terbenamnya matahari
Unik - 1 Muharram dimulai sejak matahari tenggelam
Perhitungan awal hari di bulan hijriyah dimulai pada saat terbenamnya matahari, lain halnya dengan kalender masehi yang mengawali hari pada saat tengah malam. Unik bukan?

Jumlah hari pada kalender Hijriyah lebih sedikit dibandingkan dengan kalender Masehi

Jika dibandingkan dengan tahun masehi, maka hari pada kalender Hijriyah atau Muharram  jauh lebih sedikit atau lebih pendek. Ini yang artinya jika kita berbicara soal menyelesaikan tugas dalam satu tahun yang berarti masehi maka ia berujuk pada hitungan 365 hari. Sedangkan bila seorang Muslim berbicara soal target dalam satu tahun, maka ia mengacu pada 354 hari atau lebih cepat yaitu 11 hari.

Indonesia mengenal tahun baru Islam dengan sebutan malam 1 suro 
Unik - 1 Muharram atau 1 Syuro

Di Indonesia Tahun Baru Islam atau 1 Muharram dikenal dengan nama Malam 1 Syuro. Biasanya di malam 1 syuro tersebut banyak secara ritual dan juga perayaan untuk menyambut tahun baru Islam tersebut. Kegiatan ritual yang biasanya dilakukan adalah seperti puasa, mengadakan sesaji, tumpengan dan lain sebagainya. Padahal dalam Islam sendiri bahwa dalam pergantian tahun Baru Islam tidak ada perintah untuk melakukan ritual seperti itu. Hanya saja Rasulullah SAW memerintahkan untuk melakukan puasa pada saat 1 Muharram, dan itupun bersifat sunnah. Jadi sebenarnya ritual atau perayaan seharusnya tidak perlu dilakukan karena tidak ada perintah sama sekali mengenai hal tersebut. Justru ritual dan juga perayaan yang dilakukan, ditakutkan akan bersifat negatif pada makna 1 Muharram. Dan yang paling ditakutkan adalah dapat menimbulkan sifat bid’ah. Dalam pandangan budaya, tentu saja ritual-ritual atau kegiatan menyambut datangnya 1 Muharram menghadirkan nuansa keunikan tersendiri bagi kita di Indonesia.
Unik - Perayaan 1 syuro di Indonesia

Unik - Perayaan malam 1 syuro

Jumlah bulan dalam penanggalan Islam diambil dari Al-qur’an
Unik - Nama bulan Hijriyah

Sistem penanggalan pra-Islam digunakan pada era awal kenabian Muhammad SAW. Pada abad ke-9 setelah hijrah, turunlah ayat 36-37 yaitu surah At-Taubah. Jadi jumlah bulan dari penanggalan Hijriyah diambil dari Al-qur’an yaitu dari surah At-Taubah. Bulan pada penanggalan hijriyah diawali dari bulan Muharram, Safar, Rabiul Awal, Rabiul Akhir, Jumadil Awal, Jumadil Akhir, Rajab, Sya’ban, Ramadhan, Syawal, Dzulkaidah dan Dzulhijjah.


Penamaan Muharram diambil dari kata Haram

Nama Muharram diambil dari kata Haram yang artinya adalah suci dan terlarang. Alasan kenapa dinamakan Muharaam adalah karena bulan Muharram adalah bulan suci dimana umat Islam dilarang berperang.

Bagaimana sobat? Menarik bukan? Itulah fakta unik 1 muharram yang bisa saya bagi buat sobat semuanya. Semoga bermanfaat.

0 comments