Fakta Unik dan Aneh di Indonesia

fakta-unik-dan-aneh-di-indonesia, wonderful-indonesia

Fakta Unik dan Aneh Di Indonesia

Indonesia kaya akan keragaman suku, budaya, bahasa dan agamanya. Selain itu Indonesia juga terkenal dengan keindahan alamnya yang luar biasa. Banyak sumber daya alam yang dapat kita manfaatkan untuk kelangsungan hidup kita. Namun meskipun begitu kita tidak boleh memanfaatkannya secara sembarangan dan dalam ukuran yang berlebihan. Karena jika sumber daya alam dimanfaatkan dalam jumlah yang banyak, akan mengakibatkan rusaknya sumber daya alam itu sendiri. Untuk itu kita sebagai warga negara Indonesia yang baik, harus dapat memanfaatkan segala apapun yang ada di Indonesia ini secara bijak.

Dengan banyaknya keragaman yang ada di Indonesia, maka tentu saja banyak juga fakta unik dan aneh yang terjadi di Indonesia. Fakta Unik dan aneh tersebut antara lain adalah :

Di Indonesia mempunyai sebuah pantai yang bewarna pink, yaitu dipulau Komodo. Pantai tersebut disebut sebagai Pink Beach karena pasirnya yang bewarna merah muda seperti warna pink.
fakta-unik-dan-aneh-di-indonesia, pink-beach-pulau-komodo

Indonesia mempunyai hutan tropis terluas, yaitu dengan mencapai luasnya sekitar 28.700 – 28. 816 kilometer persegi yang terletak di propinsi Papua.

Suku Jawa merupakan salah satu suku terbesar populasi hingga mencapai 41.7 persen dari seluruh penduduk Indonesia.

Letusan gunung Tambora yang berada di wilayah Sumbawa, Nusa Tenggara Barat merupakan salah satu letusan gunung api terdahsyat yang pernah terjadi di Indonesia. Letusan gunung api Tambora ini sudah banyak memakan korban jiwa hingga 70.000 – 71.000 jiwa. Hingga letusan ini mampu menyebabkan perubahan iklim serta menyebabkan kelaparan terburuk pada abad ke 19.

Indonesia terdiri dari bangsa asli pribumi seperti bangsa Austronesia dan Melanesia, yang dimana bangsa Austronesia ini merupakan bangsa terbesar jumlahnya dan lebih banyak mendiami Indonesia bagian Barat.

Gua Petruk yang berada di Kebumen Jawa Tengah mempunyai kedalaman jelajah hingga mencapai 1500 – 2000 meter. Alasan gua tersebut dinamakan gua petruk adalah karena gua tersebut terdapat patung yang berwujud seperti petruk, tokoh dalam pewayangan budaya Jawa.

Masakan Rendang Indonesia menduduki posisi ke 11 dari banyaknya daftar masakan ter-enak di Dunia yang pernah diberitakan oleh CNN.
fakta-unik-dan-aneh-di-indonesia, masakan-rendang-indonesia


Indonesia mempunyai spesies ikan hiu terbanyak di dunia yaitu mencapai kurang lebih 140 – 150 spesies.

Didaerah Jawa Timur terdapat pantai Plengkung dengan ombak terpanjang dan tertinggi kedua didunia. Ombak pantai tersebut diperkirkan memiliki ketinggian hingga mencapai 5 – 7 meter dan panjang bisa mencapai sekitar 2 -3 kilometer.
fakta-unik-dan-aneh-di-indonesia, pantai-plengkung-indonesia


Indonesia mempunyai macam jenis tanaman langka yaitu Eusiderxylon, Zwageri, Palaquium, Walsurifolium, Agathatis labillardieri, Pterospemum sp, Santalum Album dll.

Indonesia mempunyai bunga terbesar di Dunia karena ukuran bunga tersebut bisa mencapai 1 meter. Nama bunga tersebut adalah Rafflesia, akan tetapi banyak masyarakat yang menyebutnya sebagai bunga Bangkai, karena baunya yang tidak enak bila dicium.
fakta-unik-dan-aneh-di-indonesia, bunga-rafflesia-indonesia


Di Indonesia pernah ditemukan ular terpanjang di dunia hingga mencapai 10 – 13 meter dan ulat tersebut diberi nama Python Reticulates.

Di Indonesia juga pernah ditemukan hewan primata terkecil di dunia yaitu di pulau Sulawesi. Dan konon hewan tersebut hingga sekarang masih ada dan hewan tersebut bernama Tarsius Pumilus, atau sering disebut sebagai monyet.

Di Indonesia seperti di daerah Jawa terkenal dengan dunia mistis atau alam gaib dan misteri seperti Nyi Roro Kidul dan Nyi Blorong yang sampai sekarang ini masih diperbincangkan dalam budaya masyarakat Jawa.

Indonesia masih dinyatakan memiliki hewan purba tertua dan langka di dunia yaitu komodo yang bisa mencapai panjang kurang lebih 2- 4 meter.

0 comments