Cara Menjaga Kesehatan Tubuh Saat Musim Hujan

tips-kesehatan, menjaga-kesehatan-saat-hujan
Musim hujan


Cara Menjaga Kesehatan Tubuh Saat Musim Hujan

Akhir tahun pasti ditandai dengan musim penghujan. Biasanya musim hujan tersebut mulai terjadi sejak pada bulan Oktober sampai bulan April. Iklim dapat berubah disebabkan banyak faktor yang mempengaruhinya, sehingga prakiraan tersebut bisa salah atau tepat. Namun yang harus Anda perhatikan adalah saat musim hujan seperti sekarang ini, kita harus mampu menjaga kondisi dan stamina agar tidak mudah  sakit. Sebab biasanya pada musim hujan, tubuh akan sangat rentan dengan namanya sakit. Serta daya tahan tubuh juga mudah menurun. Untuk itu kita harus pintar mencari cara menjaga kesehatan tubuh saat musim hujan.

Walaupun musim hujan, namun segala kegiatan tidak harus berhenti. Kita tetap menjalani kegiatan kita seperti biasanya misalnya kerja, sekolah, dan berbagai kegiatan lainnya. Tentu dengan segala rutinitas yang dilakukan ditambah lagi dengan cuaca yang tidak mendukung, ini pasti membuat kita malas. Kondisi ini juga membuat kita kurang memperhatikan kesehatan tubuh kita, dan akhirnya sakit menyerang kita. Untuk menghindari hal ini ada beberapa cara untuk menjaga kesehatan saat musim hujan yaitu diantaranya :

Cukup istirahat dan berolahraga
Cara untuk menjaga tubuh agar tetap sehat selama musim hujan adalah dengan melakukan istirahat yang cukup serta berolahraga. Meskipun saat cuaca hujan, namun kita masih dapat melakukan olahraga, misalnya melakukannya dirumah seperti push-up, sit-up, dan gerakan peregangan otot lainnya.

Segera mandi dan keramas bila kehujanan
tips-kesehatan, menjaga-kesehatan-saat-hujan
Segera mandi dan keramas jika terkena hujan dalam waktu lama
Jika anda terpaksa harus pulang pada saat hujan, sehingga tentu saja kehujanan. Hal ini tidak baik untuk kesehatan. Untuk menghindari agar tidak sakit adalah dengan segera mandi lalu keramas juga. Lakukan segera setelah anda sampai dirumah sehingga dapat mengurangi kemungkinan sakit karena kehujanan.

Menjaga cairan tubuh
Pada saat musim hujan kita juga perlu menjaga kandungan cairan dalam tubuh kita, sebab pada musim hujan kelembaban menjadi meningkat. Jadi usahakan tetap minum dan mengkonsumsi buah-buahan walaupun musim hujan. Sehingga kandungan cairan dalam tubuh tetap terjaga.

Menjaga kebersihan tangan dan gigi
tips-kesehatan, menjaga-kesehatan-saat-hujan
Cucilah tangan sebelum dan sesudah makan
Setelah selesai makan, usahakan untuk cuci tangan dan gosok gigi. Agar bakteri atau kuman ditangan dan gigi hilang. Cuci tangan ini dilakukan sebelum dan sesudah makan. Dan sebelum tidur biasakan untuk menggosok gigi.

Sediakan minuman hangat
tips-kesehatan, menjaga-kesehatan-saat-hujan
Lemon hangat mampu menjaga kesehatan tubuh di musim hujan

Pada saat musim hujan kita juga perlu mempersiapkan minuman hangat. Sebab daya tahan tubuh saat hujan sangat mudah turun, sehingga untuk mengembalikan daya tahan tubuh tersebut dengan meminum minuman hangat. Seperti teh hangat, lemon, madu atau juga jahe hangat.

Minum air putih
Biasanya pada musim hujan kita akan cenderung lebih malas untuk minum air putih. Sebab rasa haus pada saat hujan berkurang. Tetapi jangan salah, potensi kita untuk dehidrasi pada musim hujan juga ada, sehingga menghindari hal itu maka kita harus menjaga cairan tubuh kita yaitu dengan minum air putih seperti biasanya.

Komsumsi makanan secara seimbang
Biasanya pada musim hujan proses pencernaan akan mengalami masalah, dan biasanya untuk menghindari hal ini kita harus sering mengomsumsi makanan yang seimbang. Misalnya sayuran, buah, daging serta serat. Makanan yang berprotein tinggi juga jangan dilupakan ya.

Jauhi sumber penyakit
tips-kesehatan, menjaga-kesehatan-saat-hujan
Ayo kawan bersihkan lingkungan sekitar agar kesehatan terjaga selama musim hujan

Setelah hujan biasanya banyak sekali air yang menggenang. Genangan air tersebut dapat menjadi sumber penyakit, sebab akan adanya jentik-jentik nyamuk yang berkembang biak. Selokan dan saluran pembuangan air lainnya pada saat musim hujan berpotensi menjadi sarang penyakit. Maka sebisa mungkin kita menghidari sumber penyakit tersebut. Atau jauh lebih baiknya dengan membasminya yaitu dengan membersihkan tempat-tempat tsb agar tidak jadi sumber penyakit.

0 comments