Memulai Bisnis Menjanjikan dari Ide Bisnis Kecil Rumahan

bisnis-internet, bisnis-menjanjikan, usaha-pembuatan-artikel

Sebelum saya mengawali karir saya menjadi seorang penulis artikel, dulu saya pernah melakukan bisnis lain. Tentu awal mula saya melakukan bisnis, saya terlebih dahulu menentukan ide dalam berbisnis. Ide bisnis ini sangat penting dalam membangun bisnis saya. Karena dengan adanya ide bisnis tersebut maka saya dapat menentukan jenis bisnis yang cocok untuk diri saya sendiri. Awalnya saya masih bingung untuk melakukann bisnis apa. Karena begitu sedikit jenis bisnis rumahan yang cocok dengan hobi atau kegiatan saya serta banyaknya persaingan untuk bisnis sejenis. Akhirnya saya menemukan jenis usaha yang cocok untuk saya dengan adanya ide bisnis tersebut. Saya awalnya melakukan bisnis pulsa. Sebab waktu itu saya masih kuliah, jadi saya pikir bisnis ini akan cocok dengan saya seorang mahasiswa. Tiap kali saya mengisi saldo, saya paling hanya dapat mengisi minimal 200.000 saja. Dengan modal 200.000 tersebut ternyata saya bisa mendapat keuntungan yang lumayan.

Meski kita tahu bahwa bisnis pulsa itu keuntungannya sebenarnya tidak begitu besar, namun jika kita melihat dari sisi lain maka kita dapat melihat bahwa sebenarnya bisnis pulsa ini sangat menguntungkan terutama bagi mereka yang masih sekolah atau kuliah. Sebab kita bisa mempunyai tambahan uang jajan ataupun uang buat SPP, selain itu kita juga bisa mendapatkan penghasilan tambahan. Jadi bisa dianggap bisnis pulsa ini dapat dijadikan sebagai bisnis sampingan atau bisnis rumahan. Saya melakukan bisnis pulsa ini selama kurang lebih 3 tahun. Saya memutuskan untuk berhenti melakukan bisnis ini karena saya memiliki bisnis yang jauh lebih menjanjikan dan sangat berpotensi untuk ke depannya. Bisnis tersebut adalah bisnis artikel. Setelah saya berhenti dari bisnis pulsa saya akhirnya beralih menjadi penulis artikel.

Alasan kenapa saya beralih untuk menjadi penulis artikel adalah karena menjadi seorang penulis itu potensinya sangatlah besar. Jika hasil tulisan kita bagus dan menarik maka tentu karya kita tersebut dapat dijual belikan dan bahkan artikel kita tersebut dapat bernilai tinggi. Salah satu keuntungan menjadi seorang penulis adalah yang pasti kerjanya santai namun untungnya besar.

Sebelum saya memulai suatu usaha rumahan yang sederhana, maka tentu saya tidak melakukannya begitu saja. Untuk memulainya saya butuh perencanaan dan pertimbangan yang matang. Sama halnya dengan melakukan bisnis artikel. Sebelum saya memulai menjadi seorang penulis artikel. Tentu saya tidak melakukannya begitu saja, namun saya memperhatikan beberapa hal untuk memulai bisnis. Hal-hal yang saya perhatikan sebelum saya memulai bisnis adalah :

Melakukan perencanaan

Untuk memulai suatu bisnis maka butuh adanya perencanaan. Hal itu sama seperti yang saya lakukan sebelum menjadi penulis artikel. Dulu sebelum saya melakukan bisnis tersebut, saya merencanakannya terlebih dahulu, Bahasa kerennya riset terlebih dahulu. Yaitu dengan memperhatikan peluang, potensi serta keuntungan yang akan saya dapatkan. Jadi sebelum saya menjadi penulis artikel maka saya melakukan perencanaan dan riset terlebih dahulu.

Melihat peluangnya
bisnis-internet, peluang-bisnis

Sebelum saya memulai bisnis artikel tersebut maka saya melihat peluangnya terlebih dahulu. Apakah peluang bisnis tersebut besar atau kecil. Jika peluangnya besar maka keuntungannya yang akan kita dapatkan juga besar. Begitupun sebaliknya jika peluangnya kecil maka keuntungan yang kita dapatkan kecil pula. Sehingga sebelum memulai bisnis biasanya saya melihat peluangnya terlebih dahulu.

Potensi bisnis tersebut 

Hal yang saya lakukan selanjutnya sebelum memulai suatu bisnis adalah melihat potensi bisnis tersebut. Adakah potensi dalam bisnis tersebut, serta besar atau kecil potensi yang timbul. Karena potensi itu sangat penting dalam suatu bisnis, sebab dengan adanya potensi bisnis maka kita juga dapat mengetahui apakah bisnis tersebut bisa berkembang atau tidak.

Setelah saya melakukan hal-hal yang perlu saya lakukan untuk memulai bisnis dan memiliki keyakinan dengan bisnis yang saya jalankan, maka saya juga harus dapat melakukan beberapa strategi dalam berbisnis. Strategi bisnis ini dilakukan agar bisnis saya dapat berjalan dengan lancar serta dapat mengalami perkembangan, artinya bertumbuh kembang. Ada beberapa strategi bisnis yang saya lakukan untuk usaha saya tersebut, strategi bisnis yang saya lakukan tersebut antara lain adalah :

Kreatif dan inovatif
bisnis-internet, usaha-kreatif-dan-inovatif
Karena bisnis yang saya lakukan adalah menjadi seorang penulis, maka saya harus dapat kreatif dan juga inovatif. Jika saya tidak kreatif maka hasil tulisan saya tidak akan menarik sehingga pembaca tidak akan menyukainya. Jika hal itu terjadi maka akan berdampak pada keuntungan yang saya dapatkan. Selain kreatif, saya juga harus bisa inovatif agar dapat menghasilkan karya-karya yang menarik dan bermanfaat bagi pelanggan saya.

Mampu mencapai target

Strategi yang saya lakukan dengan bisnis yang saya jalankan adalah saya harus mampu mencapai target. Sebab untuk menjadi penulis biasanya kita ditarget untuk bisa menghasilkan suatu karya yang sudah ditentukan. Misalnya tiap bulan harus dapat menghasilkan karya tulis sebanyak 100 artikel. Maka saya harus dapat menghasilkan karya tulis sebanyak 100 dalam satu bulan. Bahkan jika bisa sebelum waktu yang ditentukan maka saya harus sudah selesai.

Bekerja keras

Jangan salah menafsirkan bisnis menulis artikel, meskipun menjadi penulis terlihat gampang, namun kita harus juga bisa bekerja keras. Karena seperti diatas, jika dalam sebulan harus dapat menghasilkan 100 artikel maka tentu tiap hari kita harus bisa menulis lebih dari 3 artikel. Hal itu juga yang saya lakukan. Saya harus dapat bekerja keras agar bisa mencapai target.

Mungkin menjadi penulis artikel juga bisa dibilang seperti wirausaha atau wiraswasta. Karena setiap wirausaha tidak harus berkutat dalam jenis usaha yang seperti jualan maupun seperti wirusaha yang lainnya. Namun bisnis artikel juga bisa kita jadikan sebagai wirausaha, meskipun sebagai wirausaha sampingan saja. Tapi juga banyak bukan teman-teman yang awalnya hanya menjadikan bisnis menulis artikel sebagai usaha sampingan, lambat laun malah menjadi bisnis tetap yang memiliki keuntungan besar dan mampu menghidupi keluarganya. Ini membutuhkan kerja keras, tekun dan semangat tentunya sob!

Menjadi penulis artikel ini merupakan bisnis yang menjanjikan. Sebab potensi untuk menjadi seorang penulis itu besar. Apalagi jika dapat menghasilkan suatu karya yang menarik pembacanya maka tentu saja kita akan mudah cepat berkembang dan meraih banyak keuntungan. Itu salah satu alasan saya kenapa memilih menjadi penulis artikel selama kurang lebih hampir 2 tahun ini. Saya sudah banyak menghasilkan karya ilmiah yang saya tulis. Sudah banyak berbagai jenis artikel dengan konten yang berbeda-beda saya kerjakan. Dan banyak  juga yang sudah saya muat lewat berbagai situs seperti website, blog maupun situs lainnya. Contohnya matapencaharian(dot)com.

Sebenarnya tidak masalah jika dijadikan sebagai usaha tetap namun harus perhatikan terlebih dahulu perkembangan menjadi penulis. Namun bagi anda yang tertarik untuk menjadi penulis atau bahkan anda juga seorang penulis yang ingin bekerja sama dengan saya, saya akan siap membantu dengan senang hati.

Silahkan kontak saya di :
No.hp/WA : 089517057041

0 comments