Cara Mencari Uang dengan Usaha Rumahan

cara-mencari-uang, usaha-rumahan, bisnis-internet

Banyak sekali peluang usaha yang mungkin bisa anda jadikan sebagai bisnis usaha rumahan dan sampingan anda. Salah satu jenis usaha yang bisa menjadi peluang bisnis dan usaha rumahan yang menguntungkan untuk anda seperti makanan, atau bisa juga pakaian. Biasanya bisnis ini banyak sekali keuntungan yang bisa anda dapatkan. Maka tidak heran jika sekarang kita banyak menjumpai rumah makan yang terdapat di pinggir-pinggir jalan. Tentu hal ini sebanding dengan kebutuhan manusia tentang sandang dan pangan yang semakin meningkat pula.

Selain bisnis usaha makanan dan pakaian, masih ada peluang bisnis yang lainnya yang tentunya bisa anda lakukan. Anda tak perlu bingung lagi mengenai bisnis apa yang akan anda jalani, karena hal itu tidak menjadi sesuatu yang sulit untuk anda lakukan. Kita dapat melihat bahwa peluang usaha di Indonesia sangat begitu banyaknya, hingga kita terkadang bingung bisnis yang cocok untuk kita lakukan, dengan modal yang kecil tapi menghasilkan keuntungan yang besar.

Ada beberapa cara yang bisa anda lakukan agar para pembeli tertarik dengan bisnis usaha yang anda lakukan diantaranya :

1.   Pastikan bahwa produk anda memiliki kualitas yang bagus dan telah memiliki izin usaha dari pemerintah, baik Depperindag atau Depkes.
2.   Usahakan berikan kesan yang menarik untuk produk anda agar pembeli selalu tertarik dengan produk yang anda jual.
3.  Jika bisnis anda berupa makanan ataupun minuman, pastikan bahwa makanan atau minum tersebut tidak mengandung bahan pengawet atau bahan berbahaya lainnya, dan memiliki rasa yang khas agar para pembeli tetap terus membeli makanan yang anda jual.
4.   Jika bisnis anda berupa pakaian, accessoris dan lainnya, berikan harga standard sesuai produk yang di jual. Agar pembeli terus datang ke tempat anda untuk membeli pakaian, accesoris dan lainnya.

Trend peluang usaha rumahan yang menjanjikan adalah bisnis kuliner. Setidaknya fenomena di beberapa tempat yang saya lihat berjalan seperti itu. Namun tentu saja kita harus melihat bahwa persaingannya akan semakin besar pula.

Biasanya sering kita lihat pebisnis menjalankan usahanya dengan menawarkan langsung ke konsumen ataupun dengan secara online misalnya dengan sosial media seperti facebook, istagram, twitter, WA, BBM, dan masih banyak lagi. Bagi anda yang masih pemula soal bisnis online, maka anda harus berhati-hati, sebab untuk melakukan usaha lewat online itu tidak mudah. Bisa saja kita tertipu dengan pembeli. Untuk menghindari hal yang semacam itu saya akan memberikan beberapa tips untuk jualan online bagi pemula. Tips tersebut antara lain :

a.  Pastikan terlebih dahulu anda memiliki akun situs online atas nama anda sendiri. Yaitu dengan cara mendaftar ke salah satu situs online yang akan anda jadikan sebagai usaha anda.
b.  Anda harus memiliki barang yang akan anda jual ke situs online anda tersebut. Caranya foto terlebih dahulu barang yang akan anda jual kemudian upload ke situs online anda tersebut.
c.   Jika ada pembeli yang ingin membeli barang anda tersebut, maka mintalah pembayarannya terlebih dahulu. Hal ini dilakukan agar anda tidak mengalami penipuan. Setidaknya anda minta ada pembayaran DP atau uang muka dari setengah harga barang yang anda jual tsb.
d.   Mintalah tanda bukti pembayaran pada pelanggan anda, yaitu dengan minta foto bukti hasil pembayaran dan pastikan bahwa pembayaran tsb valid alias transfer dana pembelian sudah masuk ke rekening anda.

Itu beberapa tips jualan online bagi pemula. Perhatikan setiap langkah yang harus anda lakukan. Karena itu penting dalam usaha anda. Dengan anda mampu berjualan online maka anda sama saja bisa mencari uang. Mencari uang itu tidak perlu harus secara langsung kita terjun kelapangan untuk bekerja. Misalnya seperti berdagang, padahal kalau berdagang itu kita bisa melakukannya lewat online. Justru ini lebih praktis dan mudah. Sebenarnya ada banyak cara untuk mencari uang dengan usaha rumahan antara lain :

a.   Berdagang
Berdagang merupakan salah satu pekerjaan yang dapat menghasilkan uang. Berdagang ini bisa anda lakukan secara langsung seperti di pasar, atau berkeliling di kampung serta lewat media online.
b.   Menerima jasa pembuatan
Untuk mencari uang salah satunya adalah dengan kita menawarkan jasa kita kepada orang lain. Misalnya jasa pembuatan artikel, jasa perbaikan barang-barang rusak atau yang lainnya.
c.   Mengajar
Dengan anda mengajar misal jadi guru les privat atau guru sekolah.

Itu beberapa contoh kecil saja cara mencari uang dengan usaha rumahan yang sederhana. Ada banyak cara untuk mencari uang yang bisa anda lakukan. Yang pasti setiap pekerjaan yang kita lakukan itu akan dapat menghasilkan uang. Bahkan lewat online saja kita dapat mencari uang. Seperti yang satu ini, ini juga merupakan usaha yang dapat menghasilkan uang, yaitu usaha bisnis rumahan.


Terkadang kita bingung untuk memulai bisnis apa yang cocok untuk kita, dan tentunya dengan modal yang kecil dan memilki keuntungan yang memadai. Ada banyak jenis usaha yang mungkin bisa anda lakukan untuk dijadikan sebagai bisnis usaha sampingan anda, misalnya saja adalah bisnis pulsa. Bisnis ini sangat cocok untuk anda jalankan, selain modal yang di keluarkan kecil, resikonya pun juga tidak terlalu besar. Tapi peluang untuk memiliki keuntungan yang besar sangat memungkinkan jika mampu dikelola dengan baik. Mengingat bahwa pulsa sangat dibutuhkan oleh banyak orang, ini menjadi peluang yang baik bagi anda untuk di jalankan.

Selain bisnis yang diatas, anda juga bisa melakukan bisnis usaha yang lainnya. Saya akan memberikan beberapa jenis bisnis usaha rumahan dengan modal kecil, namun memiliki keuntungan yang cukup, antara lain :

1.      Bisnis Angkringan
bisnis-internet, usaha-rumahan, angkringan

Bisnis angkringan ini sangat cocok untuk anda, selain modal yang kecil, anda juga akan mendapatkan keuntungan yang cukup dari bisnis angkringan tersebut. Tak ada salahnya jika anda mencoba menjalankan bisnis usaha rumahan yang satu ini. Karena biasanya bisnis ini banyak peminatnya.

2.      Bisnis Catering
bisnis-internet, usaha-rumahan, usaha-catering

Bisnis catering merupakan salah satu jenis usaha yang mungkin sangat umum dan sering kita jumpai. Namun, ternyata bisnis ini sangat menjanjikan loh! Selain modal yang kecil, ternyata keuntungan yang didapat juga bisa besar. Jasa catering ini biasanya di pakai oleh orang saat acara pernikahan, resepsi, arisan, poengajian dan acara penting lainnya.
Kebanyakan orang lebih memilih memakai jasa catering, karena mereka terlalu sibuk dan malas untuk membuat makanan untuk acara mereka. Maka cara yang tepat untuk itu adalah dengan menggunakan jasa catering.

3.      Bisnis Kerajinan Tangan
bisnis-internet, usaha-rumahan, usaha-kerajinan-tangan

Untuk anda yang memilki bakat khusus dalam hal kerajinan tangan, ada peluang usaha yang sangat bagus untuk anda lakukan. Dengan bakat yang anda miliki sekarang tentunya anda mampu menciptakan hasil karya seni yang bagus untuk anda jual. Dalam hal ini anda tak perlu mengeluarkan banyak modal, karena anda pasti tahu cara yang paling mudah dalam melakukan bisnis kerajinan tangan.
Keuntungan yang bisa anda dapatkan dari hasil kerajinan tangan mampu untuk memenuhi kebutuhan hidup anda. Jika anda mampu terus mengembangkan bisnis kerajinan tangan anda, bukan tidak mungkin karya tsb menjadi kerajinan tangan kualitas eksport.

4.      Bisnis Usaha Es Krim Buah
bisnis-internet, usaha-rumahan, usaha-es-krim

Jika anda memiliki lemari es di rumah, maka hal itu bisa anda jadikan sebagai bisnis usaha rumahan sampingan anda. Selain modal yang dikeluarkan tidak terlalu besar, keuntungan yang bisa didapatkan juga lumayan untuk anda dalam memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari.
Hal ini tentunya mampu menjadi kesempatan untuk anda demi mendapatkan penghasilan tambahan.

Seperti yang sudah saya jelaskan diatas begitu banyaknya jenis usaha yang mungkin anda bisa coba di rumah. Dengan modal sedikitpun anda mampu menciptakan keuntungan yang besar dari rumah. Tertarik untuk mencoba usaha rumahan diatas? Semangat y sob!

0 comments