Tujuan Berpakaian Menurut Islam

Islam merupakan agama yang baik dan sempurna. Karena Islam banyak mengajarkan kebaikan kepada kita, bahkan hal yang mungkin kita anggap sepele sekalipun. Pada dasarnya apa yang kita lakukan sekarang dan kegiatan yang kita lakukan tiap harinya adalah berdasarkan ajaran Islam. Salah satunya adalah dalam hal berpakaian. Untuk soal berpakaian, Islam memiliki tujuan dan kriteria tertentu dalam melakukannya. Meskipun begitu, namun masih banyak yang melanggar ketentuan tersebut. Masih banyak yang berpakaian yang jauh dari syariat Islam. Hal ini biasanya dipengaruhi oleh banyak faktor, salah satunya adalah karena tidak tahunya tujuan berpakaian menurut Islam. Lalu apa tujuan berpakaian menurut Islam sebenarnya?

Menutup aurat
muslim dan muslimah, pakaian menutup aurat
Pakaian yang indah dan menutup aurat menurut Islam
Aurat itu sangatlah penting maka dari itu kita harus menutupnya dengan sebuah kain atau yang sering kita sebut adalah pakaian. Aurat ini memiliki batas-batas tertentu yang dimana tidak boleh kita perlihatkan sembarangan. Seorang wanita dan pria memiliki batas aurat yang berbeda-beda. Untuk seorang wanita auratnya seluruh bagian tubuh kecuali muka dan telapak tangan. Untuk itu pakaian yang cocok untuk seorang wanita adalah pakaian yang bermodel syar’i. Jika untuk seorng pria maka batas auratnya dari pusar sampai lutut. Jadi tujuan berpakaian menurut Islam yang pertama adalah menutu aurat.

Melindungi diri dari cuaca panas maupun dingin

Tujuan berpakaian selain untuk menutup aurat, pakaian juga memiliki tujuan untuk melindungi diri dari cuaca panas dan dingin. Islam mengajarkan kita untuk berpakaian yang benar karena pakaian memiliki manfaat bagi tubuh kita. Begitupun dalam hal berpakaian sehari-hari, Islam juga memiliki kriteria berpakaian yang baik untuk kita. Salah satunya adalah saat pada cuaca panas. Pada musim panas kita biasanya tidak diperbolehkan menggunakan pakaian yang berwarna hitam sebab pakaian yang berwarna hitam tidak dapat menyerap keringat dan sinar matahari dapat menembus kulit jika kita menggunakan pakaian berwarna hitam.

Sebagai sarana ibadah

Tujuan berpakaian menurut Islam selanjutnya adalah berpakaian sebagai sarana ibadah. Maka kita juga harus niatkan dan tujukan berpakaian kita sebagai ibadah. Karena jika dalam berpakaian saja diniatkan sebagai sarana ibadah, maka tentu hal lain pun juga akan diniatkan dan ditujukan sebagai ibadah. Dan bagi siapa yang melakukan sesuatu yang diniatkan dan ditujukan sebagai ibadah maka tentu akan mendapatkan pahala.
muslim dan muslimah, pakaian untuk beribadah
Pakaian sebagai sarana beribadah

Menghindari godaan setan

Salah satu tujuan berpakaian menurut Islam adalah menghindari godaan setan. Untuk itu kita harus berpakaian sesuai syariat Islam yaitu sampai menutup aurat, karena jika tidak, maka akan menimbulkan hawa nafsu terhadap lawan jenis. Godaan ini yang diberikan setan kepada siapa saja yang tergoda dengan lawan jenisnya. Untuk itu kita harus berhati-hati dalam berpakaian.

Sebagai identitas Muslim
muslim dan muslimah, identitas Islam
Pakaian sbg Identitas

Seorang Muslim maka ia pasti tahu bagaimana cara berpakaian yang baik dan benar. Karena seorang muslim tahu tujuan berpakaian dalam Islam seperti apa. Jika kita melihat banyak orang yang beragama Muslim namun cara berpakaian mereka tidak sesuai dengan tujuan dan kriteria dalam Islam maka orang tersebut bukanlah seorang Muslim yang sempurna. Seorang Muslim yang sempurna ia tahu bagaimana cara dan tujuan berpakaian menurut Islam serta menjauhi apa yang dilarang.






Memperindah penampilan
muslim dan muslimah, indah adalah islam
Berpakaian sebagai keindahan

Jika kita berpakaian maka akan memperindah penampilan kita, namun tentu dalam hal ini tidak boleh kita gunakan untuk menarik perhatian lawan jenis kita. Karena Islam tidak menganjurkan hal tersebut, meskipun tujuan berpakaian dalam Islam memperindah penampilan namun dalam hal ini kita tidak boleh menggunakannya sembarangan, tetap harus memerhatikan kriteria yang sudah Islam tetapkan dalam hal berpakaian.

0 comments