Cara Menjaga Kebersihan Diri Wanita

Wanita adalah mahkota dunia. Setuju? Jika kita melihat wanita cantik, bersih dan anggun maka kita seperti melihat sebuah berlian yang indah. Wanita cantik sebenarnya bukan dari fisiknya tapi juga bagaimana penampilannya. Begitu pula dalam Islam dikatakan bahwa wanita terlihat cantik, menarik, anggun dan indah bila ia mampu menjaga kebersihannya. Baik kebersihan dalam dirinya maupun bersih dalam perilakunya. Hal ini terkadang yang membuat seorang wanita masih kurang peduli dengan kebersihan dirinya, akhirnya ia malas untuk mandi, malas bersih-bersih dan lain sebagainya. Wanita seharusnya mampu menjaga kebersihannya agar terlihat cantik. Lalu bagaimana cara untuk menjaga kebersihan diri wanita?

Mandi

Hal pertama yang mesti dilakukan oleh seorang wanita untuk membersihkan dirinya adalah dengan cara mandi. Mandi biasanya dilakukan sebanyak 2x sehari atau bisa lebih sesuai dengan kebutuhan. Pada saat mandi maka kita harus sambil mengosok-gosok anggota badan. Bersihkan dari ujung kepada sampai ujung kaki. Pastikan pada saat kita mandi juga menggunakan sabun agar jauh lebih bersih. Lakukan kegiatan ini setiap harinya.
tips-kesehatan, mandi-teratur

Wudhu

Selanjutnya cara membersihkan diri pada wanita dapat dilakukan dengan cara berwudhu. Wudhu sejatinya membersihkan diri dari segala kotoran, maka saat kita melakukan ibadah sholat kita diwajibkan untuk berwudhu. Karena wudhu juga merupakan salah satu wujud pensucian diri dari berbagai kotoran akibat aktivitas yang kita lakukan sehari-hari.
tips-kesehatan, wudhu'

Membersihkan keringat

Saat kita melakukan aktivitas sehari-hari khususnya aktivitas yang berat seperti olahraga, maka tentu saja kita akan menghasilkan cairan tubuh yang disebut dengan keringat. Tentu keringat ini akan sangat mengganggu penampilan kita sebab keringat membuat badan lengket dan bau. Keringat juga bisa membuat badan kita mudah kotor. Oleh sebab itu kita harus membersihkan keringat dengan handuk dan memakai deodoran sebelum melakukan aktivitas.
tips-kesehatan, olahraga-keringat

Bersihkan wajah dengan pembersih dan penyegar
tips-kesehatan, pembersih-wajah

Bagi seorang wanita wajah adalah aset yang sangat berharga, maka dari itu banyak wanita yang melakukan perawatan mahal untuk menjaga kecantikan wajahnya. Karena kebersihan wajah juga merupakan kebersihan dalam diri. Namun sebenarnya untuk membersihkan wajah tidak perlu perawatan yang mahal, cukup dengan membersihkan wajah menggunakan pembersih dan penyegar saja maka wajah anda akan terlihat bersih dan nampak segar. Jika wajah bersih maka diri pun juga ikut bersih.

Membersihkan rambut

Jika tadi wajah adalah aset berharga bagi seorang wanita maka rambut juga merupakan mahkota bagi seorang wanita. Untuk itu kita harus dapat menjaga rambut kita agar tidak rusak dan kotor. Karena seorang wanita akan terlihat bersih jika memiliki rambut yang indah. Jadi rawatlah rambut anda dengan baik yaitu dengan menggunakan shampo. Shampo dapat digunakan sebanyak 1x dalam 2 hari.
tips-kesehatan, rambut-bersih

Bebas dari kuku panjang
tips-kesehatan, potong-kuku

Seorang wanita harus benar-benar menjaga dirinya dari ujung rambut sampai ujung kaki. Seperti yang satu ini kita juga harus memperhatikan kebersihannya. Karena ini terkadang dianggap sepele bagi seorang wanita. Ya kuku, kuku seorang wanita biasanya dibiarkan panjang begitu saja tanpa dipotong. Padahal memotong kuku itu sangat penting. Sebab kuku yang panjang membuat mudahnya masuk kotoran lewat kuku. Jadi ketika kita melihat kuku panjang, segeralah untuk memotong kuku. Karena memotong kuku juga merupakan anjuran dalam Islam.

0 comments