Perawatan Rambut Rusak dan Rontok

Rambut merupakan mahkota yang yang dimiliki oleh setiap manusia. Maka tak ayal jika banyak orang yang melakukan perawatan rambut agar memiliki rambut yang indah dan menarik. Bahkan mereka bersedia mengeluarkan biaya besar untuk melakukan perawatan tersebut. Padahal perawatan yang dilakukan seperti mencatok, rebonding, mewarnai rambut dan lain sebagainya. Padahal ini bukanlah salah satu perawatan rambut, justru dengan hal tersebut rambut akan mudah rusak dan rontok. Meskipun begitu namun masih banyak dari mereka yang melakukan hal tersebut.
Sebenarnya boleh-boleh saja menjaga penampilan terutama di bagian rambut, namun meskipun begitu kita juga jangan lupa merawat rambut kita agar tetap sehat. Karena rambut sangatlah mudah rapuh dan akhirnya rontok. Apalagi kita mencatoknya, merebonding, mewarnai dan lain sebagainya, hal tersebut dapat memicu rambut cepat mudah rusak dan rontok. Jika anda ingin melakukan hal tersebut maka anda juga harus menjaga rambut anda dengan merawatnya dengan benar agar tidak rusak dan rontok. Ada beberapa perawatan rambut rusak dan rontok yang bisa anda coba untuk perawatan rambut anda.

Potong sebagian panjang rambut
Perawatan yang bisa anda lakukan untuk menghindari rambut rusak dan rontok adalah potonglah sebagian panjang rambut anda. Karena pada dasarnya rambut panjang akan sangat mudah rapuh dan bercabang, oleh sebab itu jika kita melihat sebagian rambut kita bercabang dan tidak beraturan bentuknya maka lebih baik potong rambut tersebut agar tidak merusak bagian rambut lainnya. Apalagi yang sering menggunakan alat panas, maka perawatan ini harus rutin dilakukan. Pemotongan rambut ini dapat dilakukan setiap 6-8 minggu sekali. Dan jangan lakukan hal ini sendirian, namun pergilah ke tempat perawatan rambut untuk minta dipotong.

Berikan minyak rambut jojoba / kelapa
 
Minyak Kelapa dan Jojoba baik untuk rambut anda
Perawatan ini sangat cocok sekali bagi anda yang memiliki rambut super kering. Jika rambut anda kering dan susah diatur maka anda dapat merawat rambut anda dengan minyak jojoba atau kelapa. Sebab minyak tersebut dipercaya dapat menghaluskan rambut dan membuat rambut tidak lepek. Cara menggunakannya dengan digosokkan beberapa tetes ke rambut basah dan biarkan selama beberapa menit. Kemudian cucilah dengan bersih minyak tersebut dengan shampo pelembab dan kondisioner. Setelah selesai maka anda diamkan saja secara alami karena itu jauh lebih baik dari pada menggunakan alat pengering.

Jangan gunakan bahan kimia pada rambut anda
Penggunaan bahan kimia pada rambut dapat membuat rambut cepat rusak dan rontok. Maka untuk itu hindari penggunaan bahan kimia. Gunakanlah bahan alami untuk merawat rambut anda seperti lidah buaya, minyak jojoba, madu dan lain sebagainya. Bahan alami tersebut akan membuat rambut anda lebih sehat dan terlihat indah dibandingkan dengan bahan kimia yang anda gunakan. Jadi sekarang hentikan pemakaian bahan kimia pada rambut anda dan ganti dengan bahan-bahan yang alami.

Jangan sering menggunakan alat panas pada rambut
Memang untuk menjaga penampilan itu tidaklah salah, namun kita juga harus tetap memerhatikan kesehatan rambut kita akibat keinginan kita untuk terus tampil bagus. Justru dengan hal berlebihan tersebut bukan rambut indah yang anda dapatkan, namun rambut rusak dan rontok yang mungkin saja bisa terjadi. Jika anda sering menggunakan alat panas seperti catok, rebounding dan lain-lain itu merupakan hal yang sebenarnya tidak baik dilakukan, namun terkadang anda sering menggunakannya untuk menjaga penampilan. Hal ini boleh saja dilakukan namun jangan sering untuk digunakan karena rambut tidak bisa terkena panas terlalu lama dan sering. Selain itu sebelum menggunakan alat panas tersebut oleskan terlebih dahulu rambut dengan kondioner atau minyak agar rambut tetap terlindungi dari panas.

0 comments