Cara Hidup Sehat Rasulullah

Rasulullah SAW merupakan suri tauladan yang baik untuk umatnya. Untuk itu kita harus meneladani sikap dan kepribadian Beliau. Baik dari cara ibadahnya, kesehariannya bahkan cara hidup sehat yang diterapkan oleh Rasulullah SAW. Jika kita mencontoh dan meneladani Rasulullah maka hidup kita akan tenang dan nyaman. Sebab apa yang dilakukan Rasulullah itu sangat bermanfaat bagi kehidupan kita. Salah satu manfaat yang kita dapatkan jika kita meneladani beliau adalah kita dapat belajar hidup sehat yang benar. Rasulullah SAW mengajarkan seperti apa cara hidup sehat yang benar. Jika kita meneladani hidup sehat ala Rasulullah maka kita akan sehat. Lalu bagaimana cara hidup sehat ala Rasulullah?

Rutin berolahraga

Rasulullah SAW senang sekali melakukan olahraga. Bahkan beliau tidak pernah melewatkan waktu untuk berolahraga. Beliau juga sering mengajak istrinya Aisyah RA untuk bersama-sama berolahraga, bahkan menganjurkan kepada anak-anaknya juga untuk olahraga seperti memanah, menunggang kuda dan berenang. Rasulullah SAW banyak melakukan jenis olahraga, namun beliau terkenal jago gulat. Selain olahraga gulat, Rasulullah SAW pernah melakukan lomba lari dan memanah. Hal ini menunjukan bahwa beliau memiliki tubuh yang tidak hanya sehat melainkan kuat.

Tidak berlebihan

Rasulullah SAW tidak menyukai hal yang berlebihan, maka dari itu Rasulullah menganjurkan kepada kita untuk tidak melakukan suatu hal secara berlebihan. Seperti makan yang berlebihan, kerja yang berlebihan, istirahat yang berlebihan dan berbagai hal lainnya. Semua itu sudah ada porsinya masing-masing, sesuai takarannya.

Makan makanan yang halal & baik

Rasulullah hanya memakan makanan yang halal dan baik saja, seperti, ikan laut yang segar, buah-buahan, madu, daging, susu dan biji-bijian. Pada pagi hari Rasulullah SAW hanya sarapan dengan segelas air yang dicampur dengan sesendok madu asli. Minuman ini selain dapat menjaga daya tahan tubuh, madu ternyata juga dapat menjadi obat bagi berbagai penyakit. Berdasarkan hasil riset kesehatan menyatakan bahwa madu dapat membersihkan lambung, menyembuhkan sembelit, wasir, peradangan dan juga mengaktifkan usus-usus.

Tidur lebih cepat dan bangun lebih awal
Tidur Lebih Awal - Cara Hidup Sehat Rasulullah

Rasulullah memang suri tauladan yang sangat baik yang wajib kita contoh. Salah satu hal yang wajib kita contoh adalah tidur lebih cepat dan bangun lebih awal. Rasulullah tidak menganjurkan kepada kita untuk begadang, karena begadang itu tidak baik untuk kesehatan. Rasulullah akan tidur saat waktunya tidur. Beliau tidur selepas sholat isya yaitu kurang lebih pukul 20.00. dan kemudian beliau bangun pada waktu 1/3 malam yaitu sekitar pukul 03.00 untuk melakukan sholat malam. Jika dihitung maka beliau menggunakan waktu tidur selama 8 jam. Hal ini juga sudah Rasulullah katakan bahwa dalam pembagian waktu 24 jam untuk , 1/3 untuk bekerja, 1/3 untuk beribadah dan 1/3 untuk istirahat.

Rajin berpuasa

Rasulullah SAW sangat rajin melakukan puasa, ia sering melakukan puasa pada hari senin dan kamis. Untuk itu Rasulullah juga menganjurkan kepada kita untuk sering melakukan puasa pada hari senin dan kamis. Karena jika kita sering melaksanakan ibadah puasa, akan membuat tubuh kita terasa sehat.

Membersihkan gigi

Soal masalah gigi dan mulut Rasulullah juga mempunyai solusi untuk membersihkannya. Dan hal ini juga dianjurkan kepada kita untuk menirunya. Untuk kebersihan gigi dan mulut Rasulullah membersihkannya tidak hanya dengan sikat gigi biasa melainkan menggunakan siwak. Jadi Rasulullah sering bersiwak untuk membersihkan gigi dan mulutnya. Siwak dapat membersihkan mulut dan gigi secara menyeluruh.
Siwak - Selalu digunakan Rasulullah untuk kebersihan Gigi

Selain beberapa cara seperti diatas masih banyak cara yang mesti kita lakukan untuk hidup sehat ala Rasulullah. Rasulullah adalah suri tauladan yang baik, jadi jika mencontoh Beliau maka hidup kita akan sehat dan merasa tenang.

0 comments