8 Fakta Unik Tentang Sate

Unik - Sate masakan khas Indonesia
Sate merupakan salah satu makanan yang mungkin banyak disukai kebanyakan orang. Ada banyak jenis sate yang dijual seperti sate ayam, sate kambing, sate sapi, sate kelinci dan lain sebagainya. Tentu setiap harga sate berbeda-beda di setiap jenisnya. Biasanya sate yang paling mahal adalah sate kambing dan sate sapi. Untuk satu porsi sate kambing dan sapi saja dapat mencapai lebih dari 50.000. Untuk itu tidak heran jika pada saat hari Raya Idul Adha banyak sekali orang-orang yang memanfaatkan kesempatan ini untuk membuat sate. Namun sebenarnya apakah sih fakta unik soal sate ini???
Saya akan memberikan sedikit informasi dan pengetahuan mengenai sate. Ada 8 fakta unik tentang sate yang perlu anda ketahui yaitu antara lain :


Makanan asli Indonesia
 
Unik - Sate buatan asli rakyat Indonesia
Sate merupakan salah satu makanan khas asli dari Indonesia. Karena sate pertama kali berasal dari Indonesia. Jika anda pergi ke luar negeri maka anda tidak akan menemukan makanan yang satu ini. Jika pun anda bisa menemukan sate disana itu karena sate sekarang sudah mulai mendunia, jadi banyak negara yang sudah tahu akan makanan Indonesia ini. Karena  rasanya yang sangat enak, maka banyak orang yang menyukainya. Begitupun dengan orang asing yang berkunjung di Indonesia. Mereka yang mungkin baru pertama kali makan sate, maka akan sangat menyukainya dan ingin terus mencobanya.

Jadi rebutan antara Indonesia-Malaysia-Thailand
Unik - sate menjadi rebutan

Karena rasanya yang sangat enak dan juga mudah untuk membuatnya maka banyak sekali orang-orang yang menyukai sate ini. Bahkan ada beberapa negara yang mengklaim bahwa sate merupakan makanan khas asli mereka. Negara tersebut antara lain adalah Malaysia dan juga Thailand. Kedua negara tersebut mengklaim bahwa sate merupakan makanan khas asli mereka. Hal ini dikarenakan bahwa sate banyak dijual di negara mereka khususnya di pinggir jalan. Selain itu sate sudah mulai ada sejak lama di negara mereka, oleh sebab itu mereka mengakui bahwa sate berasal dari negara mereka.

Menjadi makanan terpopuler saat Idul Adha

Unik - Persiapan sate di Idul Adha

Sate merupakan makanan terpopuler saat Hari Raya Idul Adha atau Hari Raya Kurban. Karena pada saat hari raya ini banyak sekali daging dibagikan kepada masyarakat, maka banyak orang yang berkesempatan untuk membuat sate. Bahkan kebanyakan orang mengolah daging tersebut menjadi sate. Jadi makanan terpoluler saat hari raya Idul Adha adalah sate.







Sate menjadi makanan yang mendunia
Unik - Sate Indonesia mendunia

Kita sebagai warga negara Indonesia harus berbangga, karena salah satu makanan khas kita dicintai oleh berbagai negara. Mungkin anda tidak menyadarinya secara langsung, namun anda bisa merasakannya jika anda pergi kesuatu negara dan menemukannya. Makanan khas Indonesia yang dicintai oleh berbagai negara tersebut adalah sate. Mungkin kita menganggap bahwa kenapa sate bisa akhirnya mendunia, itu yang mungkin sering kita pikirkan. Pada dasarnya sate dapat mendunia adalah karena kita tahu bahwa di Indonesia banyak sekali warga negara asing yang menetap, dengan hal ini maka tentu saja sangat mudah sekali memperkenalkan makanan kita tersebut pada negara lain. Dengan tahunya suaru negara tentang makanan kita tersebut, maka banyak pula negara yang meniru makanan khas kita dan bahkan mengklaimnya.

Makanan yang dicintai oleh negara Tionghoa
 
Unik - Sate di China
Karena rasanya yang sangat enak maka tentu banyak pula orang yang menyukainya. Hal ini pun juga dialami oleh warga negara Tionghoa. Warga Tionghoa sangat menyukai sate, makanya warga Tionghoa juga meniru cara membuat sate seperti kita. Namun jika di Indonesia menggunakan daging sapi dan kambing maka warga Tionghoa menggunakan daging babi.

Sate tersebar ke Afrika Selatan

Kita tahu bahwa sate sudah tersebar ke seluruh Indonesia dari sabang sampai merauke. Namun ternyata sate tidak hanya tersebar ke wilayah Indoneisa saja namun juga ke berbagai negara salah satunya adalah Afrika Selatan. Di Afrika sate disana disebut dengan nama sosatie.

Sate muncul pada abad ke 19

Tanpa kita ketahui bahwa ternyata sate sudah lama muncul loh, yaitu pada awal abad ke 19. Pertama kali sate muncul di Indonesia yaitu tepatnya di pulau Jawa. Di pulau Jawa tersebut sate mulai mengalami perkembangan seiring dengan adanya pendatang Arab dan Gujarat yang masuk ke Indonesia.

Kalori yang tergantung pada sate

Unik - Hati-hati dengan kalori sate
Sate terbuat dari daging yang dibakar, untuk itu kita harus memperhatikan kalori yang terdapat dalam daging tersebut. Karena jika kalori yang terkandung didalam daging besar maka tidak baik untuk tubuh, seperti misalnya daging kambing. Daging kambing mengandung kalori sebanyak 515,46 kalori setiap 10 tusuknya. Banyaknya kolori yang terkandung dalam daging kambing tersebut maka usahakan jangan memakan daging kambing dengan porsi besar, sebab itu dapat membuat anda pusing dan terkena darah tinggi.


Semoga artikel 8 Fakta Unik Tentang Sate ini bermanfaat buat sobat semuanya.

0 comments