Tips Memilih Berita Yang Terpercaya Di Tahun Politik 2018-2019

berita-yang-terpercaya-di-tahun-politik-2018-2019, jauhi-hindari-berita-hoax, tahun-politik-indonesia
Di tahun politik 2018-2019, mari kita hindari dan jauhi berita HOAX!

Tips Memilih Berita Yang Terpercaya Di Tahun Politik 2018-2019

Perkembangan media seperti sekarang ini memang amat pesat, termasuk munculnya media online yang makin bertumbuh. Tiap detik akan selalu ada berita baru yang diunggah oleh berbagai situs online. Ada banyak berita tersebar seperti kilat dan viral di media sosial, yang membuat pembaca pun kerap mengalami kebingungan dalam memilih mana berita yang terpercaya dan tidak.
Berita hoax atau berita bohong memang banyak di media, terlebih lagi media online. Sangat mudah memang menulis kemudian menyebarkan berita bohong, terlebih lagi untuk membuat situs online bukanlah perkara yang sulit. Hal inilah yang membuat orang-orang sering membuat kabar bohong dengan judul bombastis.

Orang-orang yang sengaja pembuat situs tidak bertanggung jawab dan kabar bohong tentu mempunyai tujuan tertentu. Seperti mendapat viewer yang besar, memojokkan kelompok tertentu, menarik pendukung untuk kepentingan politik, membuat citra lawan politik menjadi buruk atau tujuan-tujuan yang lainnya.

Tahun 2018 dan 2019 menjadi tahun politik yang membuat kita harus berhati-hati ketika membaca berita. Tahun ini, 2018, merupakan tahun perhelatan pilkada langsung serentak di seluruh Kabupaten/Kota dan Propinsi di Indonesia. Sedangkan di tahun 2019, ada perhelatan akbar pemilihan langsung Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia untuk periode 2019-2024. Dan tentunya di tahun yang sama, 2019, juga akan berlangsung pemilihan wakil rakyat yang akan duduk di kursi legislatif. Tentu saja, perhelatan ini bisa menjadi ajang bagi mereka yang ingin memanfaatkan situasi dan kondisi tersebut untuk menyesatkan publik dengan berita-berita hoax, berita palsu, isu dan gossip yang pastinya tidak benar, dengan agenda dan tujuan memecah belah persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia.

Lalu bagaimanakah Tips Memilih Berita Yang Terpercaya Di Tahun Politik 2018-2019 ini? Salah satu caranya yaitu dengan mencari tahu dari mana sumber utama berita tersebut. Lihatlah apa berita tersebut bersumber dari media yang kompeten ataukah hanya media abal-abal yang tak jelas penanggung jawab serta susunan redaksinya.

Pada era digital seperti sekarang ini, para pembaca harus bijak, janganlah mudah terpengaruh dengan berita-berita yang tidak jelas. Bahkan ternyata ada juga media yang memang sengaja dibayar untuk mengembangkan berbagai isu supaya masyarakat terpecah belah dikarenakan berita hoax tersebut. Maka pembaca haruslah benar-benar memilih dan membaca berita yang terpercaya saja. Kita jangan sampai terjebak dalam isu-isu dan berita hoax yang tak bertanggung jawab.
Agar lebih cerdas memilih berita dan artikel web, satu cara yang disarankan adalah memilih sendiri sumber berita yang hendak dibaca. Tentunya Anda harus dengan sadar memilih juga situs web yang tidak selalu segaris dengan pendapat Anda, tetapi sudah terbukti terpercaya. Berikut beberapa Tips Memilih Berita Yang Terpercaya Di Tahun Politik 2018-2019 yang bisa kita lakukan:

Memilih Media
Ponsel menjadi plihan banyak orang sebagai peranti yang utama untuk berbagai keperluan, salah satunya untuk membaca berita. Ada banyak sekali aplikasi berita yang dapat kita pakai dan bisa di download secara gratis di play store. Kita pun tetap harus berhati-hati dalam memilih media ini.

Artikel Yang Tepercaya
Jika kita mengikuti banyak website tentu kita tidak punya waktu membaca semua. Kita haruslah mengatur sistem dalam memilih berita maupun artikel apa yang patut dibaca.

Baca Beberapa Sumber
Jangan hanya percaya satu sumber berita. Ada baiknya mencari informasi lebih lanjut atas beberapa media entah website online, koran, ataupun majalah. Hal ini memang agak membuang waktu, tapi tidak ada salahnya jika menjadi pembaca pintar dengan cara mengcroscek kembali untuk memperoleh kebenaran.

Cermatilah Tampilan Foto
Adanya berita bohong tidak hanya muncul karena penjabaran sebuah kalimat, namun juga foto. Sebaiknya cermati dengan baik originalitas foto yang disertakan dalam berita tersebut. Seperti hasil editing atau bukan. Kemudian cari tahu kembali kapan kira-kira foto tersebut diambil. Ada kemungkinan bila foto tersebut sudah lama tapi  baru dipublikasikan dalam waktu ini. Sehingga para penyebar hoax memang sengaja menampilkan gambar pada momen yang tepat, supaya memancing kemarahan publik.

Perhatikan Kredibilitas Penyebar Informasi
Ketika membaca berita tentang kebencian, fitnah, propaganda, perpecahan, sampai memancing konflik sebaiknya lihat lagi media yang dibaca. Jika dalam media semuanya memuat isu negatif maka jangan percaya begitu saja dan wajib mengecek lagi kebenarannya.

Kenali Situs Palsu
Untuk mengenali situs palsu atau tidak sebenarnya cukup sulit juga, sebab beberapa media dirancang amat profesional sehingga akan sulit dibedakan. Bila menemukan, lihatlah about us maupun profil pengembang. Kita juga bisa mengeceknya dengan Google dengan mengetik media tersebut agar mengetahui kebenarannya.

Perhatikanlah Judul dan Isi Berita
Kita pun bisa mengenali berita tersebut asli atau palsu dari judulnya. Media resmi biasanya tidak akan buat judul maupun isi berita yang terlihat mencolok memihak maupun mengandung provokasi. Bila membaca berita yang judulnya mengundang kebencian, maka lebih baik tidak usah lanjutkan membaca.

0 comments