Manfaat Internet Bagi Mereka Penyandang Cacat yang Perlu Kita Ketahui

manfaat-internet-bagi-mereka-penyandang-cacat, internet-untuk-semua
Karena mereka - disabilitas - tetap memiliki hak untuk menikmati manfaat internet

Manfaat Internet Bagi Mereka Penyandang Cacat yang Perlu Kita Ketahui

Para penyandang disabilitas kerap menghadapi kendala yang untuk bisa menggunakan komputer serta internet, bahkan di berbagai negara maju. Selama sekitar 20 tahun ini, Cambridge online menawarkan kursus gratis bagi orang dewasa yang menyandang disabilitas serta mereka yang kurang beruntung. Tiap tahun ada sekitar 300 peserta kursus baru yang mana mereka diberi 4.000 tutorial per tahun. Sebagian besar dari mereka tidak pernah menggunakan komputer sebelumnya. Di tahap permulaan, menumbuhkan kepercayaan diri  bahwa komputer tidak akan meledak saat mereka menyentuhnya menjadi hal yang perlu diperjuangkan.

Sebuah yayasan amal meluncurkan The Extra Costs Commission yaitu Scope yang melakukan penyelidikan dalam setahun untuk riset biaya tambahan yang harus dikeluarkan oleh penyandang disabilitas. Dari hasil temuan mereka, diperkirakan penyandang disabilitas menghabiskan rata-rata 550 pound per bulan untuk biaya tambahan.

Di dalam laporan psds Juni 2015, mereka menyebutkan penyandang disabilitas dapat menghemat uang dengan cara belajar bagaimana memakai internet, seperti dengan menggunakan website perbandingan biaya, tapi mereka tidak bias online dikarenakan kurangnya pelatihan, peralatan serta masalah aksesibilitas konten website.

Aksesibilitas website merupakan sesuatu yang perlu untuk diperjuangkan sebab bila penyandang cacat bisa online, tapi web tidak bisa diakses artinya tak ada gunanya juga. Seorang yang memiliki gangguan penglihatan dapat memakai software VoiceOver dalam mengakses web, tapi yang perlu dipertanyakan kembali adalah apakah software tersebut dapat dipakai untuk semua penyandang disabilitas utamanya mereka mengalami gangguan penglihatan?
Permasalahan aksesibilitas website adalah masalah yang perlu didiskusikan kembali oleh berbagai pihak agar bisa diselesaikan. Pemerintah haruslah membuka kemungkinan bagi penyandang disabilitas agar dapat menggunakan komputer serta internet supaya setara dengan yang para orang yang bukan disabilitas. Aksesibilitas website sangat penting supaya penyandang disabiltas bisa berinteraksi serta merasakan manfaat internet untuk kehidupan mereka.

Di Indonesia kita pasti juga mengharapkan agar ada keberpihakan pemerintah serta lembaga swadaya masyarakat dalam menyediakan website yang bisa diakses oleh para penyandang disabilitas tanpa adanya tambahan biaya lainnya supaya kesetaraan dapat terwujud.
Dengan kemampuan memanfaatkan teknologi informasi diharapkan masyarakat dengan keterbatasan-disabilitas-dapat membalikan kondisinya menjadi masyarakat yang dapat mandiri serta memberi kontribusi yang positif untuk keluarga juga lingkungan terdekatnya.

Manfaat Internet Bagi Mereka Penyandang Cacat
Sebenarnya kehadiran ICT menjadi revolusi besar untuk hidup para penyandang disabilitas. Manfaat Internet Bagi Mereka Penyandang Cacat adalah dapat mengaktifkan kembali fungsi yang terhambat karena disabilitasnya jadi optimal. Disabilitas buka dipandang sebagai kecacatan seseorang, namun sebuah keadaan yang membutanya tidak bisa melakukan fungsi-fungsi dengan optimal. Keadaan tersebut terjadi disebabkan lingkungan yang belum bisa mendukung serta belum sesuai perbedaan fisik, mental maupun intelektual yang dialami. Oleh karena itu, dengan adanya komputer dengan aplikasi screen reader, maka disabilitas tersebut akan hilang. Tunanetra akan bisa membaca, menulis, browsing, memakai social media, hingga dapat membuat website.

Para penyandang disabilitas ingin diberdayakan, ini karena produktifitasnya dapat dibangkitkan dengan TI, apalagi membutuhkan mobilitas yang rendah. Ketika mereka bisa menggunakan internet mereka pun dapat membuka online shop, membuat program serta aplikasi.
Teknologi memang tidak hanya berdampak untuk kita namun juga akan berdampak untuk mereka para penyandang disabilitas. Dengan kehadiran teknologi yang berkembang kinii, maka berbagai hal yang dahulu membatasi mereka, kini  mulai teratasi dengan baik.

Contohnya saja mereka yang tunanetra, memang sejak zaman dahulu telah dikenal dengan sistem huruf khusus untuk mereka yang bernama Braille supaya mereka bisa membaca. Tapi seiring dengan berjalan waktu serta pergeseran zaman dalam teknologi dan informasi, maka mereka yang tunanetra telah bisa membaca tanpa bantuan huruf Braille lagi. Mereka kini juga lumayan akrab dengan blogging serta pembuatan website berkat teknologi yang ditemukan bagi  para tunanetra.

Umumnya masyarakat Indonesia masih melihat para penyandang disabilitas adalah kaum marginal. Mereka kaum yang tersisih dari interaksi dalam masyarakat karena dianggap tak dapat melakukan apa yang bisa dilakukan oleh orang pada umumnya. Pemakaian istilah cacat juga memberikan kesan memojokkan antara mereka yang dirasa cacat dengan yang merasa normal. Adanya konotasi negatif kata tersebut maka dengan sendirinya kita telah menanamkan konsep mereka tidak mampu untuk hidup normal. Manfaat Internet Bagi Mereka Penyandang Cacat memang tidak dipungkiri dalam kemajuan produktifitas mereka.

0 comments