Menu Diet Sehat Sederhana

menu-diet-sehat

Menu Diet Sehat Sederhana

Menu Diet Sehat – Agar badan sehat dan terhindar dari berbagai resiko penyakit berbahaya, maka menu diet sehat menjadi pilihan yang tepat. Menu diet sehat memang tidak hanya berguna untuk menurunkan berat badan saja. Menu masakan sederhana dapat disajikan tiap hari dengan praktis dan cepat tanpa harus repot untuk membuatnya dalam waktu yang lama sehingga akan menghemat waktu ketika berada di dapur. Ini karena menu diet sehat tersebut harus disajikan tiap hari, maka akan lebih efisien bila kita memilih menu diet sederhana agar tidak menghabiskan banyak waktu untuk menyiapkannya.

Menu Diet Sehat harus mengandung karbohidrat kompleks. Karbohidrat mempunyai fungsi utama sebagai sumber energi. Selain itu, karbohidrat juga memberi rasa manis di makanan, menghemat penggunaan protein, mengatur metabolisme lemak dan membantu pengeluaran feses. Namun ingatlah untuk memilih sumber karbohidrat yang baik untuk diet. Kandungannya pun tidak boleh berlebih karena dapat mengakibatkan kalori berlebih.

Protein
Protein adalah zat terbesar setelah air yang ada dalam tubuh. Protein mempunyai fungsi sebagai sebagai komponen untuk pertumbuhan serta perkembangan tubuh manusia. Fungsi lain protein yaitu sebagai pemeliharaan tubuh, memelihara netralitas tubuh, membentuk antibodi, mengatur keseimbangan air, sebagai bio katalisator, mengangkut zat gizi dalam tubuh, serta sebagai sumber energi. Dalam menu diet sehat haruslah mengandung protein hewani ataupun protein nabati. Tubuh sangat membutuhkan protein, terlebih bagi mereka yang sedang dalam masa pertumbuhan.

Lemak
Lemak merupakan senyawa organik yang tak dapat larut dalam air. Lemak mempunyai fungsi penghasil energi terbesar bagi tubuh. Ada 2 jenis lemak, yaitu lemak nabati dan lemak hewani. Lemak nabati contohnya seperti minyak kelapa, minyak kelapa sawit, kacang kedelai, kacang tanah, buah avokad serta jagung. Sedangkan lemak hewani ada pada mentega, krim, susu, daging, keju serta kuning telur.

Vitamin
Menu Diet Sehat haruslah yang mengandung vitamin. Vitamin mempunyai banyak fungsi sesuai sumber bahan makanannya. Sebagian besar sayur dan buah mengandung berbagai macam jenis vitamin contohnya saja seperti vitamin A, Vitamin B, Vitamin C dan Vitamin E. Vitamin D banyak dijumpai pada kuning telur, susu, minyak ikan, hati dan sinar matahari di pagi hari.

Air
Air menjadi bagian utama dalam tubuh manusia. Dalam tubuh orang dewasa terkandung 50% hingga 70% air. Kandungan air tersebut relatif berbeda tergantung dari aktifitas, jenis kelamin, dan usia. Untuk diet sehat konsumsilah air yang cukup karena dapat membantu dalam proses metabolisme tubuh seperti pencernaan, sel ataupun jaringan tubuh manusia.

Dengan pentingnya za-zat tersebut, maka menu diet sehat haruslah mengandung zat-zat tersebut. Perhatikan kandungan gizi dan sesuaikan dengan kebutuhan kalori pada tubuh. Untuk itu, berikut Menu Diet Sehat sehari-hari yang dapat diterapkan:

Menu Diet Sehat untuk Sarapan
Menu makanan untuk diet di pagi hari dapat menyajikan susu rendah lemak, buah pisang dan 1 buah roti gandum. Hal ini menjadi menu diet sehat yang sederhana dan praktis di pagi hari. Jadi kita tidak perlu repot memasak dan menghabiskan waktu terlalu lama di dapur.

Menu Diet Sehat untuk Makan Siang
Makanan yang pas untuk makan siang adalah sayuran segar. Sayur berkuah sangat cocok dimakan pada di siang hari. Contohnya saja seperti sawi , bayam, dan kol atau yang lainnya akan dapat dijadikan menu untuk makan siang. Menu diet sehat ini dapat ditambah dengan kentang rebus sebagai pemenuhan kebutuhan karbohidrat. Kemudian konsumsi daging ayam yang tanpa kulit secukupnya untuk memenuhi kebutuhan protein. Setelah makan siang, konsumsilah buah segar untuk camilan.

Menu Diet Sehat untuk Makan Malam
Untuk makan malam kita dapat mengkonsumsi sayuran seperti lalapan yang direbus, telur rebus atau ayam, teh hijau tanpa gula. Kebutuhan karbohidrat dapat kita penuhi dengan mengonsumsi sandwich dari roti yang berasal dari biji-bijian selada serta saus mustard.

Konsumsilah air putih secukupnya supaya tubuh tidak dehidrasi. Sebisa mungkin hindari makanan berminyak, kecuali bila memakai olive oil. Hindari mengkonsumsi makanan yang memiliki kandungan garam, penyedap masakan, dan gula yang terlalu banyak. Dengan begitu Anda akan tetap sehat dengan menerapkan Menu Diet Sehat.

0 comments