Mengapa Persatuan Sangat Penting Bagi Bangsa Indonesia?

mengapa-persatuan-sangat-penting-bagi-bangsa-indonesia, indonesia

Mengapa Persatuan Sangat Penting Bagi Bangsa Indonesia?

Mengapa Persatuan Sangat Penting Bagi Bangsa Indonesia – Kita adalah bagian dari bangsa Indonesia. Pastinya kita ingin agar Indonesia tetap damai dan selalu menjunjung tinggi persatuan. Namun taukah sebenarnya Mengapa persatuan itu sangat penting bagi bangsa Indonesia?
Indonesia kaya akan suku, ras, adat, bahasa, budaya serta kebiasaan yang sangat beragam di tiap-tiap daerah. Dengan berbagai perbedaan tersebut, sebagai anak bangsa tentunya kita wajib untuk menjaga kesatuan juga persatuan Indonesia yang menjadi wujud kecintaan terhadap tanah air kita.
Sebagian besar masyarakat Indonesia sendiri pasti ingin memiliki pemimpin yang adil serta bijaksana sehingga kita semua dapat hidup dengan tentram serta makmur. Berbagai usaha yang dilakukan dalam meraih keutuhan NKRI dan persatuan bangsa tak selalu mudah dengan melewati jangka waktu panjang serta pengorbanan dari para pahlawan kita dahulu.

Sebelum kita mengetahui Mengapa Persatuan Sangat Penting Bagi Bangsa Indonesia, akan lebih baik bila kita mengetahui apa itu persatuan dan kesatuan.  Persatuan menjadi senjata yang amat ampuh untuk bangsa Indonesia dalam merebut, mempertahankan serta mengisi kemerdekaan. Arti persatuan adalah bersatunya berbagai macam corak yang beragam jadi satu kebulatan utuh serta serasi. Jika dalam konteks Indonesia, berarti persatuan bangsa yang ada di wilayah Indonesia.
Di dalam menjaga persatuan bangsa selama ini, telah terjadi dalam proses yang dinamis serta berlangsung amat panjang. Hal ini karena persatuan terbentuk dari proses yang hadir dan tumbuh dari berbagai macam unsur sosial budaya dalam masyarakat Indonesia sendiri dan terdorong dalam jangka waktu yang amat lama. Unsur sosial budaya ini seperti sifat kekeluargaan serta jiwa gotong-royong yang keduanya menjadi salah satu sifat-sifat utama bangsa Indonesia dengan dituntun oleh asas kemanusiaan serta kebudayaan.

Kembali lagi pada pertanyaan Mengapa Persatuan Sangat Penting Bagi Bangsa Indonesia? Hal ini disebabkan persatuan serta keutuhan bangsa Indonesia kita bisa menjadi kuat. Dengan persatuan serta kerja sama, kita dapat mencapai sebuah tujuan. Tentu ini selaras dengan ungkapan ‘Bersatu Kita Teguh, Bersecerai Kita Runtuh’. Maka bangsa Indonesia juga dapat menjadi kuat serta jaya bila bersatu. Bila kita tidak bersatu, maka kita akan menjadi lemah.
Kita juga memiliki semboyan “Bhinneka Tunggal Ika” yang memiliki arti berbeda-beda namun tetap satu jua. Semboyan ini dapat kita temukan di lambang negara kita yaitu Garuda Pancasila di bagian kaki. Alasan mengapa semboyan itu dipilih adalah karena semboyan tersebut sesuai keadaan bangsa Indonesia yang terdiri atas banyak berbagai suku bangsa. Namun bangsa Indonesia adalah satu kesatuan.

Dalam memperkokoh dan mempererat persatuan bangsa Indonesia, salah satu usaha yang dapat dilakukan adalah dengan saling menghargai antar budaya suku lainnya. Hal ini menjadi wajib dilakukan dalam kehidupan kita sehari-hari. Cara yang dapat kita lakukan untuk menghargai budaya suku bangsa lain yaitu:
  1. Tidak meremehkan serta tidak menghina kebiasaan, adat istiadat, serta kesenian dari suku bangsa/daerah lainnya.
  2. Tidak menjelek-jelekkan suku bangsa lain dan jangan menganggap bahwa suku bangsa sendiri adalah yang lebih baik.
  3. Menghargai dan menerima suku, budaya, adat istiadat, serta agama orang lain.
  4. Mau untuk mempelajari kebiasaan, adat istiadat, serta kesenian suku bangsa yang lain.
  5. Turut melestarikan, memelihara, serta mengembangkan tradisi serta budaya yang ada di masyarakat.

Demikianlah ulasan tentang Mengapa Persatuan Sangat Penting Bagi Bangsa Indonesia. Semoga bermanfaat serta dapat membuka fikiran kita semua untuk menjadi bagian bangsa yang tetap memegang teguh persatuan serta kesatuan agar bangsa kita semakin maju dan kuat menghadapi berbagai tantangan zaman.

0 comments