Kesehatan Gigi dan Mulut pada Anak

kesehatan-gigi-dan-mulut-pada-anak, tips-kesehatan

Kesehatan Gigi Dan Mulut Pada Anak

Menjaga kesehatan gigi dan mulut pada anak itu sangatlah penting dalam masa pertumbuhan dan perkembangannya. Kita sebagai orang tua harus lebih peduli terhadap anak terutama kesehatan anak. Jika kita melihat anak kita memiliki senyum yang manis, maka kita sendiri yang senang karena berarti gigi dan mulut pada anak tsb sehat. Untuk itu kita harus menjaga kesehatan gigi dan mulut pada anak sedini mungkin.

Untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut pada anak maka kita dapat memulainya sejak pertama kali tumbuhnya gigi susu. Yaitu pada saat usia bayi berumur 6 bulan, pada masa-masa ini sangatlah penting bagi anak.

Ada beberapa cara dalam merawat kesehatan gigi dan mulut pada anak yaitu antara lain :

Hindari makanan manis terhadap anak
kesehatan-gigi-dan-mulut-pada-anak, tips-kesehatan

Seorang anak pasti sangat menyukai yang namanya permen, coklat dan berbagai makanan manis lainnya. Padahal makanan ini sangat tidak baik untuk kesehatan anak kita, khususnya pada kesehatan gigi dan mulut anak. Kita sebagai orang tua harus dapat mengatur pola makan anak kita agar tidak berlebihan dalam mengonsumsi makanan manis tersebut. Karena makanan manis dapat mempercepat pembusukan pada gigi anak.

Biasakan sikat gigi setiap hari

Biasakan seorang anak untuk menyikat giginya setelah selesai makan, mandi dan sebelum tidur. Jika anak dari kecil sudah dibiasakan menyikat gigi maka akan sendirinya sudah terbiasa melakukannya. Selain itu Anda juga ajarkan bagaimana cara bersikat gigi yag benar, agar anak tsb dapat lebih tahu menyikat gigi yang baik.

Membatasi menggunakan botol pada anak

Seorang anak akan cenderung lebih suka jika saat minum menggunakan botol daripada menggunakan gelas. Padahal botol susu yang digunakan anak tersebut sangat tidak baik untuk kesehatan gigi dan mulut anak. Sebab dengan menggunakan botol, anak akan menghisap susu terus-menerus. Akhirnya cairan susu tersebut akan menggenangi gigi anak dengan cairan yang manis. Hal itu tentu dapat menyebabkan kerusakan pada gigi anak usia dini. Untuk menghindari hal itu maka Anda harus membatasi penggunaan botol pada anak dan biasakan menggunakan gelas secara bertahap.

Hindari pemberian minum jus pada anak
kesehatan-gigi-dan-mulut-pada-anak, tips-kesehatan

Minuman jus sangat tidak baik untuk anak, apalagi memberi anak jus pada saat sebelum tidur, itu sangat tidak dianjurkan. Sebab minum jus sebelum tidur pada anak dapat membuat gigi anak berlubang. Gigi akan terendam cairan sepanjang malam. Sehingga memungkinkan bakteri akibat gigi berlubang berkembang biak lebih banyak. Solusi terbaik untuk masalah ini adalah menghindari memberi minuman jus pada anak, khususnya saat sebelum tidur. Jauh lebih baik jika memberikan anak air putih sebelum tidur.

Hindari minuman dingin pada anak

Anak-anak sangat suka yang namanya es krim, bahkan anak-anak bisa menghabiskan es krim lebih dari satu. Padahal dalam es krim banyak terdapat kandungan yang tidak boleh diberikan kepada anak, yaitu yang pertama es krim mengandung bahan yang manis-manis yang kebanyakan adalah pemanis buatan. Kedua es krim merupakan minuman dingin yang dapat memicu sensivitas gigi anak-anak. Padahal kita tahu minuman yang manis dan dingin itu tidak baik untuk anak sebab menyebabkan kerusakan pada gigi. Jadi hindari juga minuman dingin pada anak baik es krim maupun minuman dingin lainnya.

Itu beberapa cara dalam merawat kesehatan gigi dan mulut pada anak yang baik dan benar. Kita sebagai orang tua harus mampu menjaga anak dari berbagai masalah kesehatan. Agar anak bisa tumbuh dan berkembang dengan baik.

0 comments