Bahaya Rokok Bagi Kesehatan

tips-kesehatan, bahaya-rokok

Merokok merupakan salah satu kebiasaan yang sering dilakukan oleh kaum laki-laki. Namun tidak sedikit dari kaum wanita pun juga melakukan kebiasaan berbahaya tersebut. Banyak faktor yang membuat mereka menjadi perokok, salah satunya adalah karena banyak masalah yang dihadapi, merasa takut, merasa bimbang, putus asa. Selain itu bagi anak remaja biasanya kebiasaan merokok dilakukan agar terlihat lebih keren, gaul dan kekinian banget. Padahal merokok merupakan kebiasaan yang sangat buruk dan berbahaya bagi kesehatan. Tetapi pertanyaan yang sering kita dengar adalah apa saja bahaya rokok bagi kesehatan? Banyak kandungan yang tidak baik didalam rokok tersebut. Salah satu bahan yang berbahaya adalah nikotin. Nikotin merupakan salah satu bahan yang terkandung didalam rokok. Nikotin tersebut sangat membahayakan kesehatan tubuh sebab nikotin membuat kita akan merasa kecanduan. Oleh sebab itu bagi para perokok aktif mereka akan sangat kesulitan untuk berhenti dan bahkan orang tsb akan merasa sakit jika tidak merokok. Sebenarnya sifat ini diakibatkan oleh bahan dari nikotin.
tips-kesehatan, bahaya-rokok
Setiap bagian dari rokok berbahaya bagi kesehatan
Selain bahan tersebut masih banyak lagi bahan yang terkandung didalam rokok. Bahan-bahan tersebut sangat berbahaya bagi kesehatan. Oleh karena itu kita harus dapat menghindari yang namanya rokok. Bahkan jika kita sudah terlanjur merokok maka sebaiknya kita berhenti melakukannya SEKARANG JUGA! Karena jika kita tidak meninggalkanya dan berhenti melakukannya maka akan berdampak buruk bagi kesehatan. Banyak bahaya yang menyerang kesehatan kita. Beikut contoh-contoh bahaya rokok bagi kesehatan
tips-kesehatan, bahaya-rokok
Bahaya rokok bagi kesehatan

1.   Berdasarkan survey yang dilakukan bahwa ditemukan 90% atau dapat dibilang 9 dari 10 orang semua kematian akibat kanker paru-paru pada pria dan wanita.
2.      Merokok dapat menyebabkan lebih dari 480.000 kematian setiap tahun di Amerika Serikat.
3.      Merokok dapat meningkatkan risiko kanker perut, kanker darah, dan kanker limfa. Sebab di dalam rokok mengadung kadar 1,3 butadine, yaitu suatu bahan kimia yang digunakan untuk memproduksi karet.
4.  Rokok dapat juga menyebabkan leukimia. Sebab rokok mengandung zat Benzene yang sebenarnya zat ini digunakan untuk memproduksi bahan kimia.
5.   Rokok juga menyebabkan berbagai jenis penyakit kanker. Karena rokok mengandung zat Arsenik, dimana zat ini digunakan untuk mengawetkan kayu.
6.   Merokok juga menghambat perbaikan DNA dan dapat merusak lapisan dalam paru-paru, sebab mengandung Akrolein. Zat ini digunakan untuk membuat logam paduan, serta pewarna.
7.     Adanya kandungan nikotin didalam rokok yaitu zat kimia yang sangat berbahaya dan sangat adiktif yang dapat menyebabkan peningkatan tekanan darah, denyut jantung, aliran darah ke jantung serta penyempitan pembuluh.
8.     Bagi perempuan perokok maupun yang tidak merokok namun ia sering terkerna asap rokok setiap harinya, maka seorang wanita akan melahirkn bayi dengan berat rendah serta ada peningkatan resiko kelahiran prematur.
9.     Bahaya rokok bagi kesehatan selanjutnya adalah rokok dapat menyebabkan penyakit stroke yang sangat mematikan.
10. Bahaya rokok bagi kesehatan berikutnya yaitu dapat menyebabkan diabetes mellilitus tipe 2 dan dapat membuat lebih sulit untuk mengontrol kadar gula darah. Resiko diabetes melilitus sekitar 30-40% lebih tinggi pada perokok aktif daripada non perokok.

tips-kesehatan, bahaya-rokok

Itu beberapa hal mengenai bahaya merokok bagi kesehatan. Masih banyak lagi bahaya yang 
ditimbulkan akibat merokok. Bagi anda sekarang yang masih merokok maka sebaiknya 
berhentilah sebelum anda terlambat. Dan bagi anda yang belum merokok maka sebaiknya 
jangan melakukan hal tersebut. Karena kebiasaan merokok merupakan kebiasaan yang sangat 
buruk yang berdampak permanen pada kesehatan kita. Sayangilah diri kita dari bahaya rokok 
yang mengancam kita.

0 comments