Masakan Sayuran Sehat

Masakan sehat itu sangat penting bagi tubuh. Karena jika makanan yang kita masak sehat maka tubuh kita akan juga ikut sehat. Selain itu kita juga tidak mudah sakit dan tubuh juga terlihat lebih segar. Masakan sehat itu terdiri dari banyak vitamin dan juga energi yang baik untuh tubuh. Misalnya adalah masakan yang banyak terdapat kandungan sayurannya seperti bayam, kacang panjang, kubis dll, dan juga masakan yang banyak mengandung jenis-jenis ikan seperti ikan salmon merupakan masakan sayuran sehat yang baik untuk otak anak. Sehingga bagi anak yang baru mengalami pertumbuhan akan lebih cerdas dan pandai untuk menerima sesuatu.

Bagi ibu yang ingin memasak masakan sayuran sehat maka masaklah makanan yang sehat dengan kombinasi sayuran. Biasakan anak sejak kecil untuk memakan sayuran, sebab sayuran bagi anak sangatlah baik untuk tubuh khususnya bagi pertumbuhan dan perkembangan si anak. Jadi ibu harus sering memasak masakan sayuran sehat untuk anak. Disini saya akan memberikan beberapa resep masakan sayuran sehat yang baik untuk anak. Sobat bisa mencoba resep masakan sayuran sehat sederhana dibawah ini


Sayur asem

Sayur asem merupakan salah satu masakan sehat yang baik untuk anak, sebab dalam sayur tersebut banyak macam jenis sayuran yang digunakan, jadi anak akan lebih banyak makan macam sayuran. Selain itu cara untuk membuat sayur ini juga sangatlah mudah yaitu :
Makanan Sehat - Sayur Asem
Bahan-bahan :
·         1 buah jagung manis
·         1 ikat kacang panjang
·         50 gram kacang tanah
·         5 butir bawang merah
·         3 siung bawang putih
·         50 gram kacang melinjo
·         1 buah labu siam
·         1 cabe merah besar
·         1 ruas lengkuas
·         2 sdm air asam jawa
·         2 lembar daun salam

Cara membuatnya :

Iris terlebih dahulu bawang dan cabe lalu sisihkan. Kemudian panaskan minyak, tumis bahan tadi hingga harum, setelah itu masukkan lengkuas dan daun salam. Tambahkan air sebanyak 750 ml lalu tunggu hingga mendidih. Kemudian masukkan jagung, labu siam, kacang panjang, kacang tanah dan kacang melinjo. Lalu tambahkan air asam jawa, garam, dan gula sesuai selera kemudian aduk.


Sayur sup

Sayur sup juga merupakan salah satu masakan yang sehat untuk tubuh kita. Karena banyak macam sayuran yang memiliki vitamin tinggi untuk tubuh seperti wortel, kubis dan lain sebagainya. Cara membuat sayur sup ini juga sangatlah mudah yaitu :
Makanan Sehat - Sayur Sup
Bahan-bahan :
·         1 buah kentang
·         1 batang daun bawang
·         3 buah wortel
·         100 gram buncis
·         3 batang seledri
·         4 siung bawang putih
·         ½ sdm ketumbar
·         8 siung bawang merah
·         1 cm lengkuas
·         100 ml kaldu
·         750 ml air

Cara membuatnya :

Haluskan terlebih dahulu bawang dan ketumbar, kemudian tumis dan masukkan lengkuas, tumis hingga harum. Tambahkan air lalu kaldu, lalu biarkan hingga mendidih. Kemudin masukkan wortel dan kentang serta buncis secara berurutan. Setelah hampir matang, masukkan daun bawang kemudian seledri. Lalu masukkan gula dan garam, aduk hingga rata dan tunggu sampai matang.

Sayur kangkung

Masakan sayuran sehat selanjutnya yang bisa anda coba dirumah adalah sayur kangkung. Kangkung ini banyak vitamin yang baik untuk tubuh. Oleh sebab itu sobat juga harus memperkenalkan anak-anak dengan masakan sayuran sehat yang satu ini. Untuk cara membuatnya juga mudah yaitu :
Makanan Sehat - Sayur Kangkung
Bahan-bahan :
·         2 ikat kangkung
·         1 siung bawang putih
·         2 siung bawang merah
·         1 buah cabai merah besar
·         50 ml air
·         ¼ sdt garam
·         1 sdm saus tiram
·         ½ sdt gula

Cara membuatnya :
Iris tipis bawang dan cabai, lalu tumis hingga harum. Kemudian masukkan kangkung yang telah disiangi dan dibersihkan, lalu aduk hingga rata. Setelah itu masukkan air, aduk lalu tambahkan saus tiram, gula, garam lalu aduk hingga rata. Tunggu hingga matang.

Bagaimana sobat? Resep Masakan Sayuran Sehat yang sederhana mudah-mudahan bisa membantu sobat semua untuk mencoba maskan yang sehat dan baik untuk tubuh. Semoga bermanfaat!



0 comments