7 Fakta Unik Negara Thailand


Negara di kawasan Asia Tenggara yang mengalami kemajuan setelah Indonesia dan Malaysia adalah negara Thailand. Negara Thailand ini banyak sekali mengalami perkembangan dalam berbagai bidang. Baik bidang teknologi, transportasi dan juga produksi. Negara Thailand ini terkenal dengan kawasannya yang luas. Di negara Thailand kita juga bisa menemukan hal-hal unik yang ada disana. Ada 7 fakta unik mengenai negara Thailand. Yuk sobat kita bahas satu per satu fakta unik tersebut..

1.      Ada banyak peraturan yang aneh dan unik

Di negara Thailand memiliki beberapa peraturan yang aneh dan unik, salah satu contohnya adalah tidak boleh membuang permen karet sembarangan, berfoto selfie dengan patung Buddha harus mendapatkan ijin terlebih dahulu, dan lain-lain. 

Unik - aturan tentang permen karet
Unik - Selfie? Ijin dulu sobat!
Peraturan ini sangat aneh dan unik, dan tentu hal ini hanya terjadi di negara Thailand.


2.      Perang air di jalanan

Di Thailand ada salah satu festival yang sangat unik dan menyenangkan, yaitu perang air di jalanan. Setiap tahun warga Thailand akan mengadakan perang air dijalanan. Festival ini biasanya dilakukan pada saat memasuki tahun baru, festival ini bermakna sebagai pembersihan diri dari kesalahan dan dosa tahun lalu, lalu kemudian dibersihkan dengan cara melemparkan air pada satu orang ke orang lain. 
Unik - Festival perang air dengan Gajah
Air yang dilemparkan tersebut bermakna untuk pensucian diri agar kembali bersih dari kesalahan tahun kemarin. 

Unik - Festival perang air di Thailand

Untuk itu setiap tahun baru warga Thailand mengadakan perang air dijalan untuk pembersihan diri dari kesalahan tahun sebelumnya. Perang air ini sering disebut warga Thailand dengan sebutan Sangkran.


3.      Mempunyai kelelawar terkecil

Mungkin kita sudah sering melihat kelelawar pada malam hari, karena memang biasanya kelelawar akan muncul pada saat malam hari. Biasanya kelelawar yang kita lihat adalah ukuran kelelawar yang ukurannya normal, namun adakah kelelawar yang ukurannya sangat kecil?? Tentu saja ada, yaitu di negara Thailand. 
Unik - Kelelawar terkecil dari Thailand
Jika anda pergi ke negara Thailand maka anda bisa menemukan kelelawar yang ukurannya sangat kecil. Ukuran kelelawar ini hanya sekitar 29-33 mm dengan berat sekitar 2 gram saja. Dengan ukuran dan berat yang demikian, maka tentu tidak wajar. 
Namun memang pada kenyataanya itu ada di negara Thailand. Keunikan ini dijadikan negara Thailand sebagai pemilik kelelawar terkecil didunia.


4.      Kamar mandi transgender
Unik - Wanita Transgender di Thailand

Negera Thailand terkenal dengan transgendernya. Karena di negara Thailand banyak sekali para laki-laki yang sekarang berpindah kelamin menjadi wanita, begitupun sebaliknya. Oleh karena itu anda harus berhati-hati jika sedang berada di Thailand karena disana banyak sekali wanita cantik-cantik bak bidadari, namun yang belum anda tahu bahwa ternyata wanita cantik tersebut adalah seorang laki-laki. Thailand terkenal dengan laki-laki cantiknya, jadi harus lebih hati-hati. 

Unik - Aturan unik buat transgender
Karena banyaknya transgender disana, maka pihak negara Thailand pun membuatkan kamar mandi khusus untuk para transgender.

Jadi sobat harus berhati-hati loh, jangan sampai salah masuk :D










5.      Adanya patung emas terbesar di dunia

Fakta unik negara Thailand selanjutnya adalah Negara Thailand merupakan penganut agama budha terbanyak didunia. Oleh karena itu kita bisa menemukan banyak pura-pura disana. Bahkan ada salah satu pura terbesar di Thailand, selain itu di pura tersebut ada patung besar yang berlapis emas, patung tersebut adalah patung budha yang dibuat oleh warga negara Thailand.
Unik - Patung Budha terbuat dari Emas

6.      Tidak boleh keluar rumah tanpa memakai pakaian dalam

Jika di Indonesia ada peraturan tidak boleh keluar rumah jika waktu malam hari, karena ini akan sangat berbahaya apalagi khususnuya bagi kaum wanita maka ini tidak baik. Maka di Indonesia dilarang wanita untuk keluar rumah, namun pada saat malam hari. Beda lagi jika di negara Thailand, di Thailand justru tidak memperbolehkan keluar rumah jika tidak memakai pakaian dalam. Tidak peduli pagi, siang, sore maupun malam. Jika terdapat warganya tidak memakai pakaian dalam maka orang tersebut tidak boleh keluar atau jika tidak maka akan dikenakan hukuman atau denda. Unik kan sobat? Tapi maaf, untuk gambarnya tidak kami tampilkan disini. Hehehe

7.      Nama Ibu Kota Terpanjang di Dunia

Ibu Kota Thailand, Bangkok, adalah Ibu Kota dengan nama asli Thailand yang terpanjang di Dunia. Nama lengkap “Bangkok” adalah Krung Thep Mahanakhon Amon Rattanakosin Mahinthara Yuthaya Mahadilok Phop Noppharat Ratchathani Burirom Udomratchaniwet Mahasathan Amon Piman Awatan Sathit Sakkathattiya Witsanukam Prasit, yang terdiri dari kombinasi dua bahasa kuno India, Pali dan Sanskerta. Namun tentu saja kita hanya mengetahui Ibu Kota Thailand adalah Bangkok. Lantas artinya nama panjang tersebut apa ya? Kurang lebih begini sobat artinya "Kota malaikat, kota besar, kota intan abadi, kota Dewa Indra yang tidak tergoyahkan, ibu kota agung dunia yang dikaruniai sembilan batu permata berharga, kota kebahagiaan, penuh dengan Istana Kerajaan yang sangat besar yang menyerupai surga dimana pemerintahan adalah reinkarnasi dewa-dewa, sebuah kota yang diberikan oleh Indra dan dibangun oleh Wisnu".

Keren bukan sobat? Nah itulah 7 Fakta Unik Negara Thailand. Semoga informasi ini bermanfaat buat sobat semuanya.

0 comments