6 Fakta Unik Sekolah di Jepang


Jepang sangat terkenal dengan negara yang memiliki kemajuan dalam bidang teknologi, karena di negara Jepang inilah lahirlah beberapa teknologi transportasi yang banyak digunakan oleh beberapa negara salah satunya adalah negara Indonesia. Kita tahu bahwa dalam bidang teknologi maka Jepanglah yang mengalami perkembangan sangat besar dari negara lain. Tidak hanya soal bidang teknologinya saja yang mengalami perkembangan namun juga soal bidang pendidikannya.

Memang dalam bidang pendidikan, Jepang memang tidak sangat terlihat perkembangannya. Jika dibandingkan dengan negara maju seperti Amerika, Inggris, Finlandia dan lain sebagainya, negara tersebut sangatlah terlihat perkembangan dan kemajuan dalam hal pendidikannya. Namun meskipun begitu, Jepang memiliki beberapa fakta unik di bidang pendidikan. Seperti yang sudah kita tahu, sekarang banyak sekolah favorit yang ada di negara Jepang. Tidak hanya itu saja, banyak juga para warga asing yang ingin menempuh pendidikan di Jepang. Dalam hal ini berarti Jepang sudah terlihat mengalami perkembangan yang baik dalam hal pendidikan. Meskipun begitu, ternyata kita juga masih bisa menemukan fakta unik mengenai sekolah di Jepang. Ada 6 fakta unik sekolah di Jepang, yaitu antara lain :

1.      Tidak ada tukang bersih-bersih di sekolah

Di setiap sekolah tentunya pasti ada tukang bersih-bersihnya, karena pada dasarnya tukang ini nanti yang bertanggung jawab soal kebersihan sekolah. Baik dari ruangan guru, ruang kelas, kantin, toilet dan juga halaman sekolah. Biasanya hal ini dilakukan oleh para tukang bersih-bersih sekolah. Namun beda lagi di negara Jepang, jika anda sekolah di Jepang maka anda akan menemukan fakta unik sekolah di Jepang yaitu tidak akan menemukan tukang bersih-bersih disana. 
Unik - Menjaga kebersihan
Karena biasanya pihak dari sekolah tidak mempekerjakan atau menyediakan tukang bersih-bersih di sekolah, justru disana murid-murid yang bertanggung jawab dalam hal kebersihan. Pihak sekolah biasanya memberikan jadwal pada setiap kelas untuk bergantian membersihkan sekolah. Biasanya para murid dibagi menjadi beberapa kelompok kemudian ditempatkan pada posisi mereka masing-masing. Kegiatan ini juga bermanfaat bagi murid agar tahu bagaimana kerja team yang baik dan mempunyai tanggung jawab pada lingkungan.


2.      Disediakan makan siang

Fakta unik selanjutnya jika kita bersekolah di negara Jepang adalah kita bisa mendapatkan makan siang. Tentu hal ini sangat menguntungkan sekali bagi kita, karena kita tidak perlu mengeluarkan uang jajan untuk makan. Selain itu kita juga bisa menabung dari uang saku kita tersebut, karena kita tidak perlu beli makanan untuk makan siang. Di negara Jepang memang menyediakan makan siang bagi para murid setelah jam istirahat dimulai. Biasanya para guru menyediakan makan saat jam istirahat sudah dimulai. Makanan yang diberikan tentu tidak sembarangan, karena makanan yang diberikan tentunya mengandung banyak vitamin dan juga gizi yang baik untuk tubuh dan kesehatan. Bahkan pihak sekolah menyediakan koki khusus untuk sekolah, hal ini supaya terjaminnya kesehatan makanan di sekolah tersebut.

3.      Tidak boleh mengendarai sepeda motor

Keunikan lainnya sekolah di Jepang adalah di Jepang kita tidak boleh menggunakan atau mengendarai sepeda motor. Karena biasanya sekolah-sekolah di Jepang itu tidak jauh dari daerah perumahan atau pemukiman, jadi anak-anak akan cenderung lebih mudah kesekolah. Biasanya anak diperbolehkan menggunakan transportasi setelah menginjak SMA, itupun hanya transportasi sepeda. Maka tidak heran jika negara Jepang terpandang dengan negara yang bebas dari polusi.

4.      Tidak ada upacara bendera

Biasanya setiap sekolah pasti akan mengadakan upacara bendera, namun beda dengan di negara Jepang. Di Jepang justru tidak mengadakan upacara bendera seperti sekolah lainnya. Namun meskipun begitu, Jepang tetap menjujung tinggi nilai nasionalisme di negaranya. Jangan pernah meragukan nasionalisme masyarakat Jepang terhadap negara mereka. Fakta unik yang sangat unik sekali bukan?

5.      Banyak festival budaya

Di negara Jepang, khususnya di sekolah-sekolah, festival budaya itu masih bisa kita temukan disana. Maka tidak heran jika saat pulang sekolah, masih banyak anak-anak yang masih bertahan di sekolah untuk menyaksikan festival tersebut. 
Unik - Festival Budaya di Sekolah Jepang
Biasanya festival ini diadakan setiap setahun sekali. Mirip dengan festival budaya menjelang perayaan kemerdekaan Indonesia, namun dengan keunikan tersendiri.

6.      Penerapan menulis kaligrafi dan puisi lama
Unik - Kaligrafi di sekolah Jepang


Fakta unik sekolah di Jepang yang terakhir yaitu sekolah-sekolah di Jepang ternyata masih menerapkan menulis kaligrafi yang dimana untuk menulisnya menggunakan kuas dari bambu yang dicelupkan pada tinta. Selain itu di Jepang juga masih melestarikan penggunaan puisi-puisi lama dalam hal pembelajarannya seperti haiku.



Bagaimana sobat? Unik bukan? Itulan 6 Fakta Unik Sekolah di Jepang yang perlu sobat ketahui. Siapa tahu sobat ada yang tertarik untuk sekolah di Jepang. Semoga bermanfaat!

0 comments